Tahukah Kamu? Ada 4 Game yang Pertama Kali Diciptakan

Game yang Pertama
Game yang Pertama
0 Komentar

Tujuannya adalah untuk menjadi orang pertama yang berhasil menempatkan tiga simbol mereka secara berurutan secara horizontal, vertikal, atau diagonal.

Bertie the Brain menggunakan lampu dan saklar elektromagnetik untuk menunjukkan posisi di grid dan memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan permainan.

Meskipun sederhana, Bertie the Brain merupakan tonggak penting dalam sejarah permainan komputer, menandai awal perkembangan permainan yang dijalankan oleh komputer.

Baca Juga:Daftar Negara dengan Sistem Pembelajaran TerbaikInilah Sekolah Pertama di Indonesia Bernama Sekolah Raja

2. “Tennis for Two” (1958)

Dibuat oleh William Higinbotham dan dimainkan pada oscilloscope. Umumnya diakui sebagai game video pertama yang bisa kita pahami dengan konsep game modern.

“Tennis for Two” adalah salah satu dari permainan video paling awal yang dikembangkan oleh ilmuwan fisika Amerika Serikat, William Higinbotham.

Permainan ini dibuat pada tahun 1958 sebagai bagian dari acara “Visitor’s Day” di Laboratorium Nasional Brookhaven di Upton, New York.

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pengunjung dan menunjukkan potensi komputasi dalam bidang ilmu fisika.

“Tennis for Two” dimainkan dengan menggunakan sebuah panel kontrol sederhana yang terhubung ke oscilloscope, sebuah perangkat yang biasanya digunakan untuk menampilkan sinyal-sinyal listrik.

Pemain dapat menggunakan panel kontrol untuk memukul “bola” virtual bolanya di atas “net” ke sisi lawan.

Meskipun sederhana dalam konsepnya, permainan ini menandai salah satu titik awal dalam sejarah permainan video.

Baca Juga:Mengenal Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Sesuai Usia Anak5 Sekolah Unik di Dunia beri Pengalaman Belajar yang Berbeda

Walaupun “Tennis for Two” tidak mendapatkan popularitas secara luas, permainan ini menjadi terkenal karena menjadi salah satu yang pertama dalam genre permainan video dan memberikan inspirasi bagi permainan-permainan yang lebih kompleks yang dikembangkan kemudian.

3. “Brown Box” (1968)

Diciptakan oleh Ralph H Baer, dan dipatenkan sebelum “Tennis for Two”. Namun, prototype-nya baru dipamerkan publik pada tahun 1972, setelah “Pong”.

“Brown Box” adalah sebutan lain untuk Magnavox Odyssey, sebuah konsol permainan video rumah pertama yang dikembangkan oleh Ralph Baer pada tahun 1968.

Magnavox Odyssey dianggap sebagai nenek moyang dari konsol permainan video rumah modern.

Nama “Brown Box” berasal dari warna kotak kayu yang digunakan untuk prototip awal Magnavox Odyssey.

Konsol ini memiliki kemampuan untuk memainkan berbagai permainan, termasuk versi elektronik dari permainan yang sudah ada seperti tennis, ping pong, dan permainan tembak-menembak.

0 Komentar