Inilah Kereta api pertama di Indonesia yang Luar Biasa

Kereta Api Pertama
Kereta Api Pertama
0 Komentar

CIANJUREKSPRESKereta api pertama di Indonesia adalah Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (BOS) yang dibangun pada tahun 1864 di Pulau Jawa.

Jalur ini menghubungkan Tanjung Priok dengan Bogor. Namun, kereta api ini baru diresmikan dan beroperasi pada tahun 1873.

Pada 1873, BOS membuka jalur kereta api dengan panjang sekitar 21 km yang menghubungkan Tanjung Priok (Pelabuhan Batavia) dan Weltevreden (sekarang bagian dari Jakarta).

Baca Juga:7 Stasiun Kereta Api Terbaik Fasilitas Super LengkapDeretan Fakta Menarik Kereta Api Bikin Penasaran

Rute ini kemudian diperpanjang ke Bogor pada tahun 1876. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Pengembangan jalur kereta api di Indonesia terus berlanjut, dan jaringan kereta api berkembang seiring waktu.

Pada saat itu, fungsi utama kereta api adalah untuk mendukung transportasi barang, terutama batu bara dan produk pertanian.

Sejak itu, kereta api menjadi salah satu moda transportasi utama di Indonesia, dan jaringan kereta api di negara ini terus berkembang.

Beberapa lintasan dan stasiun kereta api di Indonesia masih mempertahankan arsitektur tua yang mencerminkan sejarah panjang kereta api di negara ini.

Jenis Kereta Api di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis kereta api yang melayani berbagai kebutuhan transportasi, mulai dari kereta api penumpang hingga kereta api barang.

Itu adalah beberapa jenis kereta api yang umum di Indonesia. Perlu diingat bahwa jenis kereta dan layanannya dapat bervariasi tergantung pada operator kereta api dan lintasan perjalanan.

Berikut adalah beberapa jenis kereta api yang umum di Indonesia.

Baca Juga:8 Jenis Kereta Api Unik di Dunia Bukan Kereta Api BiasaMengupas Sejarah Kereta Api di Dunia mulai dari Abad ke 18

Kereta Api Ekonomi

Kereta api ekonomi merupakan jenis kereta dengan tarif yang lebih terjangkau. Biasanya, kereta ini dilengkapi dengan kursi yang sederhana dan memberikan pilihan perjalanan yang lebih ekonomis.

Kereta Api Bisnis

Kereta api bisnis menyediakan fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan ekonomi, termasuk kursi yang lebih nyaman dan pelayanan tambahan. Ini sering menjadi pilihan yang lebih baik bagi penumpang yang menginginkan kenyamanan ekstra.

Kereta Api Eksekutif

Kereta api eksekutif menawarkan layanan dan fasilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis. Kursi lebih luas, sering kali dapat diatur dalam formasi kursi 2-2, dan dapat dilengkapi dengan fasilitas seperti colokan listrik dan Wi-Fi.

0 Komentar