Begini Makna Lagu Ebit G. Ade di Debat Cawapres ke-4 Mahfud MD

Lagu Ebit G. Ade di Debat
Lagu Ebit G. Ade di Debat
0 Komentar

CIANJUREKSPRESDebat ke empat calon presiden 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada malam tadi menuai banyak perbincangan salah satunya hal menarik saat Mahfud MD menyanyikan lagu Ebit G. Ade di debat sebagai penutup.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga yakni Mahfud MD ini memberikan hal berbeda dari debat sebelumnya, dimana dalam penutup debat ia menyanyikan sepenggal lirik dari lagu Ebit G. Ade yang berjudul “Berita Kepada Kawan”

Lagu ini memang sesuai dengan tema debat yang diusung pada malam itu yakni mengenai isu lingkungan hidup yang sampai saat ini masih menjadi topik hangat karena perlu sebuah program yang sesuai untuk semua bidang dan bisa di laksanakan dengan mudah dan baik.

Baca Juga:Mengenal Kata Hilirisasi yang Sering disebut Gibran di DebatUpacara Tradisional Rambu Tuka Penghormatan pada Jiwa yang Tiada

Pada akhir debat yang biasanya menyampaikan visi misi atau tanggapan mengenai tema yang di usung, namun Mahfud memilih menyanyikan lagu tersebut yang menjadi salah satu pembangun berkelanjutan di Tanah Air.

Lagu tersebut memiliki makna yang begitu dalam serta populer hingga sekarang, lagu yang diciptakan oleh Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far atau lebih dikenal dengan nama Ebiet G. Ade .

Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu berkewarganegaraan Indonesia, yang lahir di Banjarnegara, Jawa Tengah, 21 April 1955.

Ebiet dikenal sering menyuarakan isu-isu bertemakan alam dan duka derita kelompok tersisih lewat lagu-lagunya yang bergenre folk-pop, country, dan soft rock.

Lagu yang bertajuk “Berita Kepada Kawan” itu ditulis langsung oleh Ebiet G. Ade yang terinspirasi dari peristiwa bencana alam gas beracun yang terjadi di Kawah Sinila, Dieng pada tahun 1979 silam.

Dalam lagu ini, dikisahkan pencerita atau penyanyi mengunjungi sebuah tempat yang baru saja dilanda bencana. Lantas dia menemukan banyak orang kehilangan keluarganya, seperti seorang anak yang kehilangan kedua orang tuanya, seperti yang tertuang pada liriknya “bapak ibunya telah lama mati ditelan bencana tanah ini”

Berikut lirik lagu lengkap dari tembang legendaris “Berita Kepada Kawan” ciptaan Ebiet G. Ade yang begitu melegenda dan menjadi inspirasi calon presiden nomor urut tiga Mahfud MD.

0 Komentar