Simak, 5 Jenis Bantuan Sosial dan Cara Cek Penerima Bansos 2024

Simak, 5 Jenis Bantuan Sosial dan Cara Cek Penerima Bansos 2024
Simak, 5 Jenis Bantuan Sosial dan Cara Cek Penerima Bansos 2024
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) 2024 kepada masyarakat yang membutuhkan. Ada lima jenis bansos 2024 yang dapat dicarikan yakni :

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk meringankan dampak musim kemarau yang berkepanjangan.

Setiap KPM akan menerima Rp 400.000 dalam bentuk tunai, untuk meningkatkan daya beli.

2. Bansos Beras

Baca Juga:Pendaftaran CPNS 2024 Siap Dibuka, Ini Formasi dan Syaratnya7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kucing Agar Makin Sehat

Bantuan Beras akan terus mendistribusikan 10kg beras kepada keluarga yang memenuhi syarat dari Bulan Januari hingga Maret 2024.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH) akan ada 4 tahapan. Terdapat penerima PHK seperti balita, ibu hamil, anak sekolah, lansia, dan penyandang disabilitas.

4. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) akan memberikan bantuan kepada keluarga yang berada pada 25% ekonomi terbawah melalui kartu keluarga sejahtera. Meskipun bantuan ini disebut nontunai, penerima masih akan menerima uang tunai sebesar Rp 200.000 per bulan.

Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan gizi dengan memungkinkan keluarga untuk membeli kebutuhan dasar.

5. Program Indonesia Pintar (PIP).

Program Indonesia Pintar (PIP) akan memberikan bantuan kepada 18,59 juta siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Bantuan untuk siswa SMA/SMK akan menerima uang sebesar Rp 1.800.000. Berbagai kategori siswa berhak menerima Program Indonesia Pintar (PIP), termasuk mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, yatim piatu, terdampak bencana alam, hingga putus sekolah.

Cara Cek Bansos 2024

Untuk mengecek status bansos 2024, para penerima dapat mengunjungi laman resmi pengecekan bantuan sosial Kementerian Sosial.

Itulah sedikit informasi mengenai bansos 2024, Semoga bermanfaat.

0 Komentar