10 Cara Parenting Rasulullah yang Efektif untuk Dilakukan

Parenting Rasulullah
Parenting Rasulullah
0 Komentar

Parenting terhadap anak memang mudah-mudah gampang apalagi anak zaman sekarang yang sudah milenial, modern, kritis dan sebagainya sangat perlu pola asuh yang tepat.

Dengan beberapa pola asuh yang dilakukan oleh Rasulullah tentunya bisa menjadi referensi parenting bagi semua orangtua di dunia untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya.

Baik itu pendidikan agama, pengetahuan, etika, saling hormati dan sebagainya yang akan menjadi bekal anak-anak kelak untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari orangtuanya serta menjadi umat Rasulullah yang baik.

Baca Juga:10 Hal Penting dalam Sebuah Parenting yang BaikMana Model Parenting Pilihanmu?

Hormat dan Keadilan

Selain pendidikan formal dan agama yang di junjung tinggi perlu juga pendidikan etika saling menghormati sesama manusia.

Bisa dilakukan dengan cara memperlakukan semua anak dengan adil dan menghormati hak-hak mereka. Beliau juga mengajarkan perlunya menghindari perlakuan diskriminatif terhadap anak-anak.

Kasih Sayang dan Kepedulian

Rasulullah dikenal sebagai seorang yang penuh kasih sayang terhadap anak-anak dan keluarganya. Ia sering memberikan pelukan dan ciuman kepada anak-anaknya, serta memberikan perhatian penuh ketika berbicara dengan mereka.

Dengan memberikan penuh kasih sayang dan cinta pada anak maka akan menciptakan anak yang berhati lembut nan penuh cinta dan kasih sehingga dengan begitu orangtua dapat dengan mudah memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya.

Memberikan Keteladanan

Kisahnya Rasulullah yang penuh dengan keteladanan sangat baik untuk anak-anak dan umatnya, hal tersebut dapat kita terapkan dalam pola asuh anak di rumah.

Dengan memberi contoh perilaku yang baik dan ajaran moral adalah cara yang kuat untuk mendidik anak.

Pendidikan Agama

Pendidikan sangat di perlukan untuk anak namun perlu di perhatikan pendidikan yang seimbang, antara pendidikan agama dan pendidikan formal duniawi.

Baca Juga:6 Drakor tentang Content Creator yang penuh Inspirasi dan PerjuanganMengenal Jenis Konten Asli di Dunia Media

Terutama pendidikan agama yang menjadi aspek penting dalam pendidikan anak-anak dalam Islam. Rasulullah mengajarkan nilai-nilai dan ajaran agama kepada anak-anaknya serta komunitasnya.

Membesarkan Anak dengan Penuh Cinta

Rasulullah selalu menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak-anak, dan ini adalah prinsip penting dalam mendidik anak-anak. Beliau juga sering memberikan pujian dan pemberian hadiah kepada anak-anak sebagai bentuk penghargaan.

0 Komentar