Berkat Program TJSL PLN, Desa Cigunungherang Tidak Lagi Kesulitan Air

PT PLN
PT PLN
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat berkomitmen untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jawa Barat tidak terkecuali di Kab. Cianjur. Salah satu wilayah di Cianjur yakni Kp. Cipari RT 4 RW 1 Desa Cigunungherang, Kec. Cikalong Kulon, kini tidak lagi kesulitan air karena telah menerima bantuan pembangunan saluran pipanisasi air dari PLN.

Wilayah Cigunungherang yang berlokasi 37 km jauhnya dari pusat kota Cianjur itu memang rawan kekeringan ketika musim kemarau tiba. “Aliran sungai juga ikut kering gak ada air yang mengalir (saat kemarau),” kata Uus, Sekretaris Desa Cigunungherang.

Lebih lanjut, Uus menyebutkan bahwa warga mengandalkan mata air yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer dari permukiman warga dengan jalan yang cukup menanjak. Sebelumnya, warga menggunakan selang untuk menyalurkan air dari mata air tersebut. Menurut Uus, pihaknya menemui sejumlah kendala dengan penggunaan selang untuk penyaluran air bagi warga.

Baca Juga:Berdayakan Desa Binaan, YBM PLN Gelar Diklat di Desa GelarpawitanPelayanan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon Dipastikan Tetap Berjalan Lancar

“Selang ini seringkali lepas, tertekuk dan mampat. Akibatnya warga perlu bolak balik turun naik hampir tiga kali setiap harinya untuk mengecek selang ini sampai ke mata air,” ujar Uus. Dengan adanya pipanisasi dalam penyaluran air, kendala itu pun dapat teratasi.

Menurut Uus, sebanyak 50 kepala keluarga di desanya merasakan manfaat dengan adanya pipanisasi tersebut. Salah seorang warga Kp Cipari, Aji, mengapreasiasi bantuan pipanisasi dari PLN. “Saya dan seluruh warga Cipari sangat berterima kasih kepada PLN, setelah adanya saluran pipanisasi warga lebih mudah mendapatkan air bersih,” katanya.

Sebagai perangkat desa, Uus pun menyambut antusias bantuan PLN untuk warganya. “Warga masyarakat sangat membutuhkan bantuan pipanisasi, alhamdulillah sudah terealisasi,” ujar Uus.

Sementara itu, Menurut Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Agus Tasya, menyampaikan bahwa melalui program TJSL membuktikan PLN tidak hanya hadir untuk menerangi namun juga berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program-program yang bersifat sosial. (dys)

0 Komentar