Cara Membangun Self – Esteem Anak yang Baik dan Efektif

Membangun Self - Esteem
Membangun Self - Esteem
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Membangun Self-esteem mudah-mudah gampang karena hal tersebut berkaitan dengan cara seseorang untuk mengenali diri sendiri sampai bisa mempengaruhi kehidupan.

Anak akan mulai belajar untuk bisa merawat fisik dan mental nya sejak dini, mengetahui kapan dia istirahat, makan, menenangkan diri saat emosinal melonjak dan lainnya.

Pentingnya sebuah self esteem untuk bisa mensyukuri apa yang di dapatkan sekarang dan tidak membanding-bandingkan kekurangan diri dengan kelebihan orang lain.

Baca Juga:10 Jenis Rempah Meningkatkan Napsu Makan pada AnakRekomendasi Smartwatch Favorite Incaran Remaja Milenial

Orangtua memiliki peran yang utama untuk tumbuh kembang anak, maka dari itu perlu menciptakan self – esteem yang akan berdampak baik untuk anak.

Jangan terlalu prontal dalam menegur anak karena hal itu akan di serap oleh anak sebagai bahwa dia buruk dan bodoh, hindari kalimat yang seperti ini “Kamu belum mengerjakan PR, dasar anak yang malas” hal itu akan menjadi mainset ke anak itu bahwa dia adalah seorang pemalas.

Alangkah lebih baik jika mengatakannya seperti ini “Lain kali, selesaikan dulu PR mu baru setelah itu pergi main agar bisa di kumpulkan tepat waktu” anak akan meresap perkataan tersebut dan akan berpikir jika dia harus menyelesaikan tanggung jawabnya mengerjakan PR sebelum pergi bermain.

Tetapkan target yang harus dicapai

Anak yang masih kecil bisa dengan hal-hal yang di kerjakan sehari-hari seperti makan, ganti pakaian, membereskan mainan dan lainnya. Hal kecil itu bisa menjadi sebuah target dan menjadi pengaruh untuk kehidupannya.

Memberikan umpan balik yang realistis

Namun yang terjadi di lingkungan nyata jika anak berhasil akan di puji tetapi jika gagal atau hasilnya jelek akan di marahi atau di omelin.

0 Komentar