Bacaan Doa Pagi, Amalkan Sebelum Memulai Kegiatan

Bacaan Doa Pagi, Amalkan Sebelum Memulai Kegiatan
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak melakukan kegiatan seperti bekerja, menuntut ilmu, ataupun beraktivitas sosial dengan sesama. Supaya mendapat kemudahan dan diberi perlindungan Allah SWT, ada bacaan doa yang bisa diucapkan di pagi hari.

Dilansir dari buku 354 Sunah Nabi Sehari-hari oleh DR. Raghib As-Sirjani, pagi hari adalah saat dimana manusia memulai aktivitasnya. Rasulullah SAW senantiasa memulai aktivitasnya di awal waktu. Beliau memulai aktivitasnya sebelum masuk fajar dengan qiyamullail, sholat subuh, dzikir, ibadah, dan pekerjaan lainnya.

Allah SWT telah menjadikan waktu pagi hari bercahaya agar manusia menggunakannya untuk beraktivitas dan waktu malam sebagai waktu tidur dan istirahat. Sebagaimana termaktub dalam firman Allah SWT dalam surah An-Naba ayat 10-11 sebagai berikut:

وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًا. وَجَعَلْنَا الَّيْلَ لِبَاسًا

Baca Juga:Doa Pelunas Utang , Insya Allah Cepat LunasDoa Rebo Wekasan, Amalan Mencegah Musibah

Artinya: “Dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian. Dan kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan.”

Mengutip dari buku Doa-doa Mustajab & Dzikir Rasulullah SAW oleh Imam Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, terdapat doa-doa yang dapat diamalkan pada pagi hari oleh umat muslim sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah amalan doa yang dapat dilakukan.

Ketika melihat matahari sudah mulai muncul dari timur, maka hendaklah untuk mengawali doa pagi hari sebagai berikut.

Allahumma bika ashbahna wa bika amsayna bika nahya wa bika namutu wab ikan nusyur

Artinya: “Ya Allah dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami berada di waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan Mu kami berada di waktu petang, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup, dan dengan rahmat pertolongan-Mu kami mati, dan kepada-Mu kami dibangkitkan.”

Selanjutnya, disyariatkan untuk setiap muslim dan muslimah, setiap pagi mengucapkan 100 kali bacaan dzikir agar terjaga dari gangguan setan pada hari itu sampai datangnya sore.

Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli sya-in qodiir

0 Komentar