Tingkatkan Keterampilan Petugas, PLN Cianjur Gelar Akademi Yantek

Tingkatkan Keterampilan Petugas, PLN Cianjur Gelar Akademi Yantek
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Cianjur (PLN UP3 Cianjur) menyelenggarakan “Akademi Yantek” bagi petugas pelayanan teknik (yantek) yang berjumlah 289 petugas dan tersebar di 23 posko pelayanan teknik. Program ini diluncurkan pada 9 Juni 2023 yang lalu dan dijadwalkan tuntas pada 22 Desember 2023.

“Kami memiliki Kampus Yantek yang berada di lingkungan kantor PLN UP3 Cianjur. Namun dengan banyaknya jumlah petugas Yantek dan lokasinya yang tersebar di seluruh Cianjur, maka program Akademi Yantek ini kami jadwalkan dalam beberapa sesi yang diikuti petugas Yantek dari beberapa posko,” jelas Firman Herdani, Assistant Manager Jaringan PLN UP3 Cianjur.

Sejauh ini, program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi petugas Yantek itu telah terlaksana di delapan posko pelayanan teknik yaitu posko Cianjur Kota, Warungkondang, Cilaku, Cibeber, Cimacan, Cibadak, Cugenang dan Cipanas. Materi yang diberikan pada setiap sesinya bervariasi menyesuaikan dengan isu yang tengah mengemuka pada saat itu.

Baca Juga:Kolaborasi dengan PNG Power, PLN Siap Pasok Listrik di Perbatasan Papua NuginiDigitalisasi Pajak Jabar Berhasil Tingkatkan Pendapatan Daerah

“Contohnya pada saat sesi yang diikuti peserta dari posko Cianjur Kota dan Warungkondang kami membahas materi tentang fault detector. Harapannya petugas Yantek semakin memahami fungsi alat ini dalam membantu menentukan arah gangguan. Dengan demikian durasi padam dan frekuensi padam yang dialami pelanggan dapat ditekan seminimal mungkin,” jelas Firman.

“Selain dari sisi kompetensi, kami juga menginginkan petugas Yantek sebagai pelaksana dalam melaksanakan pekerjaan di lapangan telah sesuai dengan SOP,” tambah Firman.

Salah seorang petugas Yantek dari Posko Cimacan, Riyandi Rahmat, mengungkapkan bahwa materi yang dibawakan pada Akademi Yantek sangat bermanfaat, “Bisa kami jadikan sebagai SOP dan langkah-langkah terutama pada saat terjadi gangguan.”

Deri Ruswandi dari Posko Cibadak, juga merasa terbantu dengan adanya program Akademi Yantek, “Menambah ilmu pengetahuan, jadi sarana berbagi pengalaman sehingga dapat menunjang kinerja saya dan rekan-rekan di lapangan.”

Ia pun berharap program tersebut dapat terus dilaksanakan berkesinambungan.

Sementara itu, Manager UP3 Cianjur, Agus Tasya, mengatakan Akademi Yantek merupakan salah satu program penguatan budaya perusahaan dalam rangka meningkatkan “positive customer experience” bagi pelanggan PLN.

0 Komentar