Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup? Simak Penjelasannya

Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup? Simak Penjelasannya
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Istilah CV atau Curriculum Vitae dan daftar riwayat hidup kerap ada dalam pengurusan administrasi seperti ketika seseorang hendak melamar pekerjaan. Kedua istilah tersebut memiliki persamaan dan perbedaan.

Secara umum persamaan nya terletak pada bahwa keduanya memuat informasi mengenai data diri seseorang. Lantas apa perbedaan antara CV dan daftar riwayat hidup? Simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: Adu HP Lipat Tipis, Honor Magic V2 vs Xiaomi Mix Fold 2

Baca Juga:FORUM INVESTASI DAN KAWASAN INDUSTRICara Menghapus Threads di Bio Instagram, Gampang Banget!

Pengertian CV dan Daftar Riwayat Hidup

Isi CV memuat informasi lengkap dan kronologis mengenai data diri, latar belakang akademik beserta prestasi dan pencapaiannya, pengalaman profesional, kualifikasi, dan deskripsinya. Biasanya panjang CV adalah satu sampai dua halaman atau lebih, tergantung tujuan pembuatannya.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar riwayat hidup adalah uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami (dijalankan) seseorang. Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang.

BACA JUGA: Agenda Pertemuan LGBT Se-ASEAN di Jakarta

Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup

Biasanya Curriculum Vitae disebut juga sebagai daftar riwayat hidup karena memuat informasi tentang riwayat hidup seseorang. Namun ketika membahas tentang perbedaan keduanya adalah terletak pada kelengkapan isi.

Menurut situs Prakerja, isi CV ditulis secara lengkap dan kronologis. Sebab tujuan nya adalah untuk menjelaskan riwayat hidup selengkap-lengkapnya. Biasanya isi nya lebih berfokus pada latar belakang dan pengalaman profesional atau pendidikan.

Sedangkan untuk isi daftar riwayat hidup ditulis secara singkat. Sebab tujuan daftar riwayat hidup adalah sebagai pengenalan diri saja, yang mana dokumen daftar riwayat hidup ini memuat informasi riwayat hidup seseorang secara singkat dengan hanya mencantumkan poin-poin penting saja.

Meski keduanya sama-sama memuat riwayat hidup seseorang, namun ada beberapa poin yang membedakan keduanya. Semoga bermanfaat!

 

0 Komentar