Inilah Penyebab Bau Mulut yang Susah Hilang

Inilah Penyebab Bau Mulut yang Susah Hilang
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Meski bukan masalah medis yang gawat, bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain.

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Namun beberapa studi menunjukkan, 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan.

Jika partikel makanan tertinggal di mulut, maka ia akan dipecah oleh bakteri di dalam mulut dan menghasilkan senyawa sulfur penyebab aroma tidak sedap tersebut. Dengan menjaga mulut tetap terhidrasi dan perawatan terbaik seperti menyikat gigi secara teratur, flossing, dan rutin minum air putih dapat mengatasi bau mulut.

Baca Juga:Inilah Penyebab Ketombe yang MembandelHari ini Harga Emas Melonjak Tinggi

Penyebab bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan mulut. Namun ada banyak penyebab bau mulut yang perlu Anda ketahui beserta cara mengatasi dan mencegahnya.

BACA JUGA: Inilah Penyebab Ketombe yang Membandel

Berikut penyebab bau mulut yang susah hilang:

1. Mulut Kering

Bau mulut tak sedap yang disebabkan oleh mulut kering terjadi karena kurangnya produksi saliva dalam mulut. Saliva yang juga dikenal sebagai air liur mempunyai fungsi untuk membersihkan mulut secara alami. Jika mulut Anda kering, maka bakteri dan kuman pun akan bersarang dengan nyaman di dalam mulut. Bakteri dan kuman inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Makanan dan Minuman

Senyawa kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa terserap oleh darah Anda dan dihembuskan keluar melalui paru-paru.Itulah sebabnya napas akan berbau tidak sedap setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma yang kuat seperti bawang, petai, dan durian.

3. Merokok

Merokok adalah penyebab bau mulut yang paling umum. Merokok dapat menurunkan produksi air liur dalam mulut sehingga mulut jadi terasa kering. Perlu diingat ketika mulut semakin kering, maka akan semakin banyak bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut.

Terlebih lagi, tembakau dari rokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Nah, kombinasi mulut kering dan penyakit gusi inilah yang jadi penyebab kenapa Anda mengalami bau mulut tak sedap, walau sudah rajin menyikat gigi setiap hari.

0 Komentar