Rekomendasi Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

museum jakarta
Doc : Google
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Dengan segala hiruk pikuknya, dengan banyaknya gedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi. Ternyata Jakarta masih memiliki rekreasi yang tidak hanya bisa memanjakan mata, menghilangkan penat, namun juga memberi edukasi bagi siapapun yang akan berkunjung.

BACA JUGA :

Cek Wisata di Jakarta yang Asyik untuk di Kunjungi!

Definisi Museum

Mengutip di website Kemendikbud Menurut Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2015 tentang Museum, Museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat.

Definisi museum berdasarkan konferensi umum ICOM (International Council Of Museums) yang ke-22 di Wina, Austria, pada 24 Agustus 2007 menyebutkan bahwa Museum adalah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, yang mengumpulkan, merawat, meneliti, mengomunikasikan, dan memamerkan warisan budaya dan lingkungannya yang bersifat kebendaan dan takbenda untuk tujuan pengkajian, pendidikan, dan kesenangan.

Baca Juga:Cek Wisata di Jakarta yang Asyik untuk di Kunjungi!Bertambah Lagi! Garuda ‘Junior’ Lahir di Gunung Gede

Rekomendasi Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

1. Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta

Letak Museum Fatahillah yang juga menyebutnya Museum Sejarah Jakarta ada di kawasan Kota Tua. Gedung bekas kantor gubernur Batavia ini resmi sebagai museum di tahun 1974.

Selain sejarah Jakarta banyak orang yang penasaran dengan penjara bawah tanah Museum Fatahilah yang terkenal angker.

Harga Tiket :

– Dewasa : Rp 5.000,-
– Anak-anak : Rp 2.000,-

Jam Operasional : Selasa s/d Minggu Pukul 9.00 – 15.00

Lokasi : Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

2. Museum Taman Prasasti

Museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda ini memamerkan berbagai prasasti peninggalan Belanda, seperti koleksi prasasti nisan kuno, koleksi kerata jenazah antik, prasasti peresmian pada masa pendudukan kolonial dulu dan ada juga miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia.

Harga Tiket :

– Dewasa : Rp 5.000,-
– Mahasiswa : Rp 3.000,-
– Anak-anak : Rp 2.000,-

Jam Operasional : Selasa s/d Minggu Pukul 09.00 – 15.00

Lokasi : Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Sel., Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

3. Museum Wayang

Salah satu museum di kota Tua yang wajib dikunjungi adalah Museum Wayang Jakarta. Gedung yang tampak unik ini sudah mengalami perombakan, dulu sempat menjadi gereja dan dibangun kembali kembali menjadi museum. Di sini kamu bisa melihat koleksi wayang dari Sabang sampai Merauke.

0 Komentar