Berkunjung Ke Jogja Gak Lengkap Kalau Belum Coba Makanan Ini

Berkunjung Ke Jogja Gak Lengkap Kalau Belum Coba Makanan Ini
Berkunjung Ke Jogja Gak Lengkap Kalau Belum Coba Makanan Ini
0 Komentar

Brongkos

Makanan yang memiliki warna menarik berwarna hitam akibat dari kluwak yang menjadi bahan dasar dari kuahnya. Cukup banyak warung makan yang menjajakan brongkos, namun yang pertama berdiri adalah Warung Makan Bu Rini yang berlokasi di kampung Taman, kelurahan Patehan, kecamatan Kraton sejak 1973.

 

Jadah Tempe

Berkunjung ke Jogja wajib mencoba jadah tempe sebagai makanan asal kabupaten Sleman, Yogyakarta atau tepatnya dari daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang. Makanan khas Yogyakarta satu ini adalah makanan tradisional yang menggabungkan jadah dan tempe. Jadah sendiri merujuk pada makanan yang dibuat dari olahan ketan, sedangkan tempe merujuk pada tempe yang diolah menjadi bacem.

Dahulu, jadah menjadi makanan favorit Sultan Hamengkubuwono IX. Jadah tempe biasanya dikemas dalam daun pisang, di mana setiap satu jadah akan didampingi satu tempe. Ada banyak cara makan sajian ini, misalnya dengan menghimpit jadah dengan dua tempe layaknya burger.

Baca Juga:Kebiasaan Unik Perempuan KoreaResep Nugget Pisang Lembut dan Renyah

Makanan ini adalah ikon kuliner dari kawasan Kaliurang yang harus dicoba jika berkunjung ke sana. Selain nikmat, jadah tempa ini mempunyai harga terjangkau antara Rp10.000–Rp20.000 saja.

0 Komentar