PMI Cianjur Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Ciranjang dan Bojongpicung

PMI Cianjur Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Ciranjang dan Bojongpicung
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Kecamatan Ciranjang dan Bojongpicung.

Bantuan yang disalurkan berupa kebutuhan pangan, selimut dan pakaian layak pakai. Selain itu, PMI Cianjur juga mengerahkan puluhan relawan membantu warga di dua kecamatan tersebut untuk mengevakuasi barang serta membersihkan lumpur sisa banjir.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri, mengungkapkan, pihaknya mengerahkan sekitar 15 orang relawan ke lokasi banjir pada Senin (1/5) dinihari untuk melakukan pendataan.

Baca Juga:Bupati Cianjur Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Ciranjang dan BojongpicungPHRI Catat Okupansi Hotel di Cianjur Meningkat

“Tercatat di Kecamatan Ciranjang sekitar 93 kepala keluarga mengungsi ke balai desa setempat, 12 rumah rusak dan 545 rumah terendam banjir,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/5/2023).

Sementara di Kecamatan Bojongpicung, lanjut Fikri, pihaknya masih melakukan pendataan. Namun diperkirakan ratusan rumah terendam banjir. Tidak ada korban jiwa karena saat banjir merendam perkampungan, warga sudah mengungsi ke tempat aman.

“Kami melihat kondisi warga yang mengungsi dalam keadaan sehat, sehingga kita baru berencana mendirikan posko kesehatan di posko Bojongpicung bekerjasama dengan puskesmas setempat, untuk relawan akan kita siagakan membantu warga sekitar 20 orang,” katanya.

Guna meringankan beban warga terdampak bencana banjir di dua kecamatan tersebut, PMI Cianjur menyalurkan bantuan paket sembako, selimut, pakaian layak pakai dan makanan tambahan untuk bayi dan balita serta alat kebersihan seperti cangkul, sekop, ember serta gayung.

Fikri mengatakan, khusus bantuan ke Kecamatan Ciranjang pihaknya langsung menyerahkan ke Kepala Desa Ciranjang dan bantuan lainnya diserahkan pada aparat Kecamatan Bojongpicung.

“Kami juga menurunkan tiga truk tangki untuk membantu warga membersihkan rumah dan fasilitas umum yang tertutup lumpur sisa banjir. PMI akan terus membantu kebutuhan warga korban banjir sebelum kembali ke rumah,” tandasnya.(hyt)

0 Komentar