Apa Itu Tradisi Kupatan?

Apa Itu Tradisi Kupatan?
Apa Itu Tradisi Kupatan?
0 Komentar

Kupat di artikan sebagai laku papat yang menjadi simbol dari empat segi dari ketupat.

Laku papat yaitu empat tindakan yang terdiri dari lebaran, luberan, leburan, laburan. Maksud dari empat tindakan tersebut antara lain:

Pertama, Lebaran yaitu suatu tindakan yang berarti telah selesai yang diambil dari kata lebar. selesai dalam menjalani ibadah puasa ramadhan dan diperbolehkan untuk menikmati makanan.

Baca Juga:Apa Hukum Sholat Id Bagi Umat Muslim?Resep Opor Ayam : Menu Lebaran

Kedua, Luberan berarti meluber, melimpah yang menyimbolkan agar melakukan sedekah dengan ikhlas bagaikan air yang berlimpah atau meluber dari wadahnya. Oleh karena itu tradisi membagikan sedekah di hari raya Idul Fitri menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia.

Ketiga, Leburan berarti lebur atau habis. Maksudnya adalah agar saling memaafkan dosa-dosa yang telah dilakukan. sehingga segala kesalahan yang telah dilakukan menjadi suci bagai anak yang baru lahir.

Keempat, Laburan berarti bersih putih berasal dari kata labur atau kapur. Harapan setelah melakukan Laburan agar selalu menjaga kebersihan hati yang suci. Manusia dituntut agar selalu menjaga perilaku dan jangan mengotori hati yang telah suci.

Oleh sebab itu, diharapkan pada bulan syawal ini kita sebagai manusia mampu bersikap arif dengan cara mudah memaafkan kesalahan orang lain.

 

0 Komentar