Tips Mengamankan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Mengamankan Rumah Saat Mudik Lebaran
Tips Mengamankan Rumah Saat Mudik Lebaran
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Tips Mengamankan Rumah Saat Mudik Lebaran

Musim mudik Lebaran 2023 diperkirakan akan berlangsung mulai Selasa 19 April 2023 dan puncaknya pada 21 April 2023. Menjelang musim kosong akibat ditinggal mudik oleh pemiliknya akan menjadi sasaran empuk untuk perampok atau maling yang beraksi.

Maka dari itu apa saja tips untuk menjaga rumah tetap aman saat mudik? berikut tipsnya simak baik-baik ya.
BACA JUGA : 4 Wisata di Cianjur Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Mudik
1. Mengelompokkan Tiga Kategori Barang
Kelompokkan barang-barang berharga dan harta dalam 3 kategori, yaitu:

  • Dokumen : Amankan dokumen berupa sertifikat tanah, ijazah, surat piutang, BPKB, dan yang lain-lain menyangkut nilai kekayaan suatu barang ditempat yang sangat aman dan tidak orang ketahui, atau jika bisa bawa dokumen tersebut saat mudik.
  • Perhiasan : Lebih aman bila Anda tidak membawa seluruh perhiasan Anda ke kampung halaman. Selain menimbulkan kesenjangan, membawa perhiasan berlebih bukan cara yang bijak dan belum bisa dipastikan aman. Siapkan plastik kecil, botol bekas, atau tempat pesil untuk dijadikan tempat penyimpanan perhiasan atau emas batangan. Ikat dan amankan di tempat aman.
  • Uang : Usahakan Anda untuk memecah uang menjadi nominal kecil. Misalnya, pecah uang Rp500 ribu menjadi Rp20 ribuan atau Rp10 ribuan dan seterusnya karena hal tersebut akan bisa menghindari dari pencurian, dan simpan di tempat yang berbeda di rumah Anda.

2. Nyalakan Lampu Teras Rumah
Sebelum pergi mudik, biarkan lampu teras rumah menyala. Tapi hanya lampu teras saja ya hal tersebut bertujuan agar malam hari tidak terkesan rumah yang tak berpenghuni sehingga itu akan mengelabui perampok atau pencuri yang akan atau berniat meluncurkan aksinya.
Menyalakan hanya satu atau dua lampu juga akan berpengaruh terhadap besaran konsumsi listrik selama rumah ditinggal mudik. Sebagai informasi, saat ini ada berbagai langkah mudah untuk mengecek tagihan listrik.
3. Alihkan Kiriman ke Rumah Tetangga
Kiriman yang berupa koran langganan, tagihan, atau bahkan bingkisan Lebaran dari kolega. Untuk dipindah kirimkan ke alamat tetangga atau teman terdekat atau bahkan pada petugas keamanan setempat yang sebelumnya sudah melakukan koordinasi dahulu.

0 Komentar