Jelang Arus Mudik 2023, Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Siap Digunakan

Jelang Arus Mudik 2023, Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Siap Digunakan
Ilustrasi: Dok Humas Pemprov Jabar
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Jalan Tol Cisumdawu sudah siap digunakan untuk arus mudik Lebaran 2023 nanti.

Pemberlakukan tersebut dari tanggal 15 April 2023, mulai Cileunyi hingga Kertajati.

Ridwan Kamil Bangun Gedung Pencak Silat Kelas Dunia, Ditargetkan September 2023 Rampung

Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Sudah Dapat Digunakan

“Jadi per tanggal 15 sudah bisa tembus Tol Cipali, Alhamdulillah tembus ke Cipali Kertajati, meskipun hanya masih bersifat satu arah mulai dari Cimalaka hingga Kertajati,” kata Ridwan Kamil di sela-sela monitoring Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4, Senin (10/4)

Baca Juga:Ridwan Kamil Bangun Gedung Pencak Silat Kelas Dunia, Ditargetkan September 2023 RampungErick Thohir Segera Laporkan Soal Sanksi FIFA ke Jokowi

Begitu juga dengan arus balik, ruas jalan yang sama akan difungsikan, mulai dari Kertajati hingga Cimalaka, selepas itu, jalan tol akan kembali dua arah hingga Cileunyi.

“Yang mau mudik silahkan memanfaatkan dan pemandangannya indah sekali, bisa dilihat di belakang saya ada Gunung Ciremai yang luar biasa oke,” terangnya.

PLN dan Kejati Jabar Kawal Proyek Kelistrikan di Jawa Barat

“Yang kecapean di titik ini, boleh istirahat di sini nanti disediakan rest area yang sifatnya temporary (sementara, red). Jangan lama-lama ya, paling ke toilet, beli tahu Sumedang, gorengan atau cemilan. Kalau mau shalat, akan disediakan mushala darurat,” bebernya.

Lebih jauh gubernur menyebutkan, mengingat belum dipasangnya lampu penerangan jalan, maka akan ada pembatasan jam operasional. Dibuka mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 15.00.

“Saya ulang ya, semua yang saya ceritakan itu yang akses ke Cipali, karena keterbatasan, tolong manfaatkan jendela waktunya dari jam 06.00 pagi sampai jam 03.00 sore,” gubernur menegaskan.

Artinya, kalau sudah lewat jam 15.00, mau tidak mau pemudik harus menempuh rute jalur Cipularang memutar ke Cipali.
Perlu diketahui, jalur mulai dari Cimalaka hingga Cipali, pemudik tidak akan dipungut biaya tol alias gratis.

0 Komentar