Capacity Building Penting dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Capacity Building Penting dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Capacity Building Penting dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Capacity Building Penting dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat gencar disosialisasikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, salah satunya dengan menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Kegiatan Capacity Building yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat ini, mengusung tema ‘Jawa Barat Unggul melalui Desa Mandiri & Percaya Diri’ tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja.

Forum Perangkat Daerah tahun ini dimaksudkan untuk merancang pembangunan dan pemberdayaan desa tahun 2024.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Pinjol Ilegal dan LegalThe 30th IIMS 2023 Dibuka Presiden, PLN Siap Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik

“Dalam Forum OPD bidang pemberdayaan masyarakat ini kita harus menyamakan visi untuk pembangunan di tahun 2024 dan menjadikannya sebagai komitmen bekerja kita di tahun tersebut,” ungkap Setiawan.

Lebih lanjut Setiawan menegaskan, capacity building sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat, seperti creative thinking, critical thinking, serta mengasah kemampuan otak kanan untuk menyeimbangkan kinerja otak manusia.

Sementara itu, Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi memaparkan kriteria desa mandiri dan desa percaya diri.

“Desa mandiri ialah desa yang tidak bergantung terhadap bantuan serta memiliki kontribusi dalam pembangunan Jawa Barat,” ucap Dicky.

Adapun desa percaya diri, menurut Dicky, merupakan desa yang mampu mengedepankan potensi lokal desa, memiliki ketahanan dalam menjaga daya dukung lingkungan serta berdaya saing tinggi.

Forum Perangkat Daerah ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman. Dalam sambutannya, Bedi menuturkan, “Ketika dua tahun kemarin kita sempat mengalami krisis, perputaran perekonomian di desa tetap berputar meskipun kecil, dan hal ini yang membuat pembangunan di Jawa Barat tetap berjalan,” pungkasnya.

0 Komentar