Disnakertrans Pantau Pekerja Migran Indonesia Asal Cianjur yang Menderita Tumor

Disnakertrans Pantau Pekerja Migran Indonesia Asal Cianjur yang Menderita Tumor
Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani mengatakan, Pekerja Migran Indonesia (PMI) Rosikah (46) asal Desa Bunisari, Kecamatan Pagelaran yang menderita tumor di kepala dikabarkan masih berada di kontrakan Jedah Arab Saudi.

Endan mengatakan,  Disnakertrans Cianjur terus memantau perkembangan Rosikah saat berada di negara Timur Tengah tersebut.

“Untuk Rosikah PMI asal Kecamatan Pagelaran Cianjur selatan hingga saat ini masih berada di kontrakan di Jedah Arab Saudi,” kata Endan,  Senin (20/2/2022).

Baca Juga:Link Mendapatkan Saldo Dana 100 ribu, Cuma Hari Ini Yuk Coba!Tips Jatuh Cinta Untuk Kamu Si Dingin

Dikatakan Endan, Rosikah berada di Arab Saudi kurang lebih sudah 3 tahun. Dua tahun diantaranya bekerja sebagai asisten rumah tangga.

“Rosikah diketahui bekerja sebagai asisten rumah tangga selama dua tahun, dan mengalami sakit tumor,” katanya.

Menurutnya, hingga saat ini dirinya masih berupaya melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, KJRI dan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Endan berharap Rosikah bisa segera pulang ke tanah air sehingga bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan dilakukan perawatan medis untuk kesembuhan sakit yang dideritanya.

PMI Ilegal

Sementara, Ketua DPC Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya Pembaharuan, Ali Hildan mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang berangkat menjadi asisten rumah tangga di timur tengah dengan cara ilegal.

“Saya melihat banyak PMI asal Cianjur yang berangkat ke Timur Tengah secara ilegal,” kata Ali.

Dikatakan Ali, sebagai lembaga yang bergerak di bidang ketenagakerjaan terlebih PMI tentunya merasa risih karena masih banyaknya yang berangkat ke negara timur tengah secara ilegal. “Perlunya ada pengawasan yang serius dari pihak-pihak terkait,” katanya.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Aries Besok, Selasa 21 Februari 2023Bibir Pecah Pecah Ini Solusinya

Hampir rata-rata lanjut Ali, mereka (PMI) yang berangkat melalui jalur belakang atau ilegal banyak persoalan disaat bekerja seperti gaji tak dibayar atau melebihi batas tinggal.

“Sangat komplek sekali persoalan PMI ini, jadi harus ditangani secara serius,” jelasnya.  (yis/sri)

0 Komentar