Pantangan Kaum Tionghoa Saat Imlek

Larangan yang Dipercaya Kaum Tionghoa Saat Imlek. (pixabay)
Larangan yang Dipercaya Kaum Tionghoa Saat Imlek. (pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pantangan kaum Tionghoa saat Imlek. Hal ini patut diperhatikan jelang perayaan tahun baru Imlek pada Minggu, 22 Januari 2023 mendatang.

Dalam perayaan tahun baru, pantangan kaum Tionghoa saat Imlek sedikitnya ada 5 pantangan yang menjauhkan kita dari nasib buruk di tahun anyar.

Bagi masyarakat Tionghoa, Imlek merupakan tradisi yang dirayakan di seluruh dunia sebagai ungkapan syukur dan harapan akan rejeki pada tahun yang akan datang. Oleh karenanya, agar terhindar dari kemalangan mereka menjauhi beberapa pantangan kaum Tionghoa saat Imlek.

Adapun, 5 pantangan saat perayaan Imlek adalah sebagai berikut:

Baca Juga:Persib Bertekad Pertahankan Rekor KemenanganCara Buat Akun dan Daftar Kartu Prakerja 2023

  1. Dilarang Menyapu dan Membuang Sampah

Kegiatan menyapu dalam perayaan tahun baru Imlek, dipercaya sebagai perlambang menyapu kekayaan yang masuk atau menghampiri.

Sementara, membuang sampah saat perayaan tahun baru Imlek, melambangkan seperti membuang dan menjauhkan rezeki dari rumah.

Oleh karenanya, etnis Tionghoa percaya bahwa selama perayaan tahun baru Imlek mereka tidak diperbolehkan untuk menyapu, ataupun membuang sampah keluar rumah.

Oleh sebab itu, masyarakat Tionghoa memiliki sebuah kepercayaan dimana mereka dilarang untuk keramas.

Mereka meyakini, jika keramas selama perayaan tahun baru Imlek berlangsung sama saja dengan mencuci kekayaan di awal tahun baru China.

Selain itu, pelaranggan untuk tidak memotong rambut saat Hari Raya tahun baru China dipercayai akan membawa sebuah malapetaka dan mara bahaya kepada mereka yang melanggar dan tetap memotong rambutnya.

  1. Dilarang Menangis

Menangis dianggap menjadi suatu hal yang tidak boleh dilakukan selama perayaan tahun baru Imlek, karena mereka mempercayai bahwa tangisan akan membawa suatu hal buruk.

Sehingga, menangis menjadi suatu larangan di tahun baru Imlek.

Baca Juga:Keluarga Brigadir J Kecewa FS Dituntut Seumur HidupTanggal 23 Januari 2023 Jadi Awal Cuti Bersama

  1. Dilarang Memakai Pakaian Warna Putih dan Hitam 

Perayaan tahun baru Imlek sangat identik, dan kental dengan unsur warna Merah.

0 Komentar