Cuti Bersama Imlek Tahun 2023

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Cuti bersama Imlek tahun 2023 bertepatan dengan Perayaan Hari Raya atau Tahun Baru Imlek, yang dijadikan hari libur bagi masyarakat.

Kabar gembira, karena jadwal cuti bersama Imlek tahun 2023 berada di awal minggu atau hari senin. Dan Pemerintah sudah menetapkan itu.

Baca Juga: Sejarah Imlek, 2023 Shio Kelinci Air

Lantas kapan perayaan Imlek dan berapa hari jadwal cuti bersama setelah Imlek? Berikut penjelasan jadwal cuti Imlek tahun 2023.

Tahun Baru Imlek atau yang lazim disebut Tahun Baru China adalah sebuah perayaan tahun baru etnis Tionghoa di seluruh dunia.

Baca Juga: Resep Kue Ku, Ala Rumahan Untuk Memeriahkan Imlek

Perayaan Tahun Baru Imlek sendiri mengacu pada sistem kalender, atau penanggalan China. 

Tahun Baru Imlek ini biasanya jatuh di bulan Januari atau Februari pada kalender Masehi, tergantung pada tanggal lunisolar dari kalender Tionghoa.

Biasanya pada peringatan Tahun Baru Imlek ini pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai hari libur, atau cuti bersama bagi seluruh masyarakat. 

Baca Juga: Ketahui Filosofi dan Makna Jeruk Saat Imlek

Dikutip dari disway.id, Informasi mengenai Tahun Baru Imlek 2023 sudah ditetapkan pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 tentang Hari Libur Nasional atau Cuti Bersama.

Surat Keputusan Bersama ditandatangani tersebut pada 11 Oktober 2022 oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Baca Juga: Ide Kado Menarik untuk Imlek 2023, Dijamin Bikin Keluarga Senang

Pada tahun 2023 ini, jadwal Perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada hari minggu tanggal 22 Januari 2023.

Sementara itu, untuk Cuti Bersama ditetapkan jatuh pada hari senin tanggal 23 Januari 2023, yakni sehari setelah perayaan Tahun Baru Imlek. 

Dengan demikian, masyarakat bisa merasakan long weekend dari hari Sabtu hingga Senin, dan kembali melakukan aktivitas pekerjaan pada Selasa, 24 Januari 2023.

Tahun 2023 dalam kalender Tiongkok adalah Tahun Kelinci Air, dimulai pada 22 Januari 2023 hingga berakhir pada 9 Februari 2024, ketika memasuki Tahun Naga.

Kelinci dalam Astrologi Tiongkok melambangkan kesabaran, dan keberuntungan yang berarti bahwa Tahun Kelinci Air 2023 akan membawa kedamaian, dan kesuksesan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *