Ketahui Filosofi dan Makna Jeruk Saat Imlek

jeruk imlek
jeruk imlek
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Ketahui filosofi dan makna jeruk saat imlek, Salah satu buah yang sudah sangat dikenal dari sebagai buah khas perayaan Imlek adalah jeruk.

Dalam bahasa Mandarin, jeruk disebut dengan ‘chi zhe’. Chi artinya rezeki dan zhe artinya buah.

Bagi banyak orang Tionghoa, Imlek dirayakan dengan makan bersama keluarga. Mulai dari mie hingga buah jeruk, makanan yang dimakan saat Imlek memiliki makna tersendiri.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Gemini Besok, 12 Januari 2023Hanya Kiki Syaputri yang Bisa Bikin Fajar Sadboy Tertawa

Jeruk merupakan buah pokok yang selalu ada dalam perayaan Imlek. Ada makna yang dalam mengenai mengapa selalu ada dalam perayaannya.

Buah ini dianggap sebagai buah pembawa rezeki karena warna oranye yang cerah melambangkan emas yang secara tidak langsung berarti rezeki.

Filosofi Jeruk saat imlek, orang China mengganggap jeruk mandarin sebagai simbol keberuntungan. Hal ini merupakan alasan utama kenapa buah bernama ilmiah citrus reticulata ini banyak disajikan saat perayaan.

Bentuk jeruk juga tak luput dari makna filosofis. menyimbolkan kesempurnaan karena berbentuk bulat. Hal ini juga menandai kepercayaan mengenai terjadinya siklus atau roda kehidupan.
Di samping itu, jeruk juga menyimbolkan rejeki dan kehidupan sejahtera yang mengalir.

Berikut merupakan jenis-jenis jeruk :

Santang
Berukuran nyaris kecil dan tanpa biji. Jeruk ini memiliki rasa yang cukup manis dan asam

Ponkam
Seringkali juga disebut sebagai Chinese honey orange. Dibandingkan dengan santang, ponkam memiliki ukuran yang lebih besar.

Mandarin
Pasti sudah banyak yang mendengar istilah jeruk mandarin, jenis jeruk ini juga seringkali dijumpai ketika malam perayaan tahun baru imlek.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Taurus Besok, Rabu 12 Januari 2023Ramalan Zodiak Aries Besok, Kamis 11 Januari 2023

Bentuknya yang bulat sempurna serta warna oranye yang cerah membuat jeruk mandarin menjadi salah satu jenis jeruk yang menghiasi tahun baru imlek.

Pomelo
Jenis jeruk ini tergolong mempunyai ukuran yang besar.

Sajian khas selain buah ini yang disajikan saat malam Perayaan Imlek antara lain olahan ikan segar, kerang, pangsit, dan mie.
Masing-masing sajian tersebut memiliki makna.

0 Komentar