Kopi Minuman Favorit di Dunia Sebagai Mood Booster

Kopi Minuman Favorit di Dunia Sebagai Mood Booster
Kopi Minuman Favorit di Dunia Sebagai Mood Booster (pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Kopi merupakan salah satu minuman favorit di dunia. Hal tersebut karena, kopi dipercaya memiliki tingkat antioksidan dan nutrisi bermanfaat, tampaknya juga cukup menyehatkan.

Minum kopi disebut-sebut bisa meningkatkan mood. Juga membantu orang yang merasa lelah kembali berenergi. Itu juga yang menjadikan kopi menjadi salah satu minuman favorit di dunia.

Kopi menjadi salah satu minuman favorit di dunia juga karena mengandung stimulan yang disebut kafein – zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Kafein memblokir neurotransmitter penghambatan di otak kamu, yang menyebabkan efek stimulan. Ini meningkatkan tingkat energi, suasana hati dan berbagai aspek fungsi otak, sebagaimana dilansir Medical News Today.

Baca Juga:Persib Vs Persija, Adu Taktik 2 Pelatih AsingPersib ‘Maung Bandung’ Bersiap Lawan Persija

Setelah kamu mengkonsumsi kopi yang menjadi minuman favorit di dunia,  kafein diserap ke dalam aliran darah. Dari sana, zat itu bergerak ke otak. Di otak, kafein memblokir neurotransmitter penghambatan adenosin.

Ketika hal tersebut terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, yang mengarah pada peningkatan neuron. Itu yang akhirnya tersampaikan ke otak.

Kafein memblokir reseptor di otak agar tidak mengikat dengan bahan kimia (adenosin) yang menyebabkan kelelahan. Jadi, suasana hati tetap terjaga.

Selain itu, utrisi mikrobioma usus untuk memetabolisme konstituen kopi menjadi hal-hal baik bagi tubuh. Juga mempromosikan “microbiome” yang cukup menyehatkan.

Antioksidan pada kopi membantu melindungi fungsi otak dari kerusakan terkait usia. Dapat meningkatkan fungsi kognitif, dan membantu mencegah perkembangan berbagai penyakit degeneratif dan kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, hingga mengurangi risiko kanker.

Meski demikian, jangan terlalu berlebihan minum kopi. Batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk orang dewasa adalah 400 miligram (mg). Atau setara dengan 4 cangkir kopi atau 2 gelas minuman berenergi. Namun ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi 4 cangkir per hari tergolong berlebihan.

Asupan kafein disarankan tidak lebih dari 200 miligram per hari (setara 2 cangkir kopi). Sebagai parameternya, batasi asupan kopi agar tidak melebihi 2 hingga 3 cangkir setiap hari.

0 Komentar