PLN Peduli Serahkan 3.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia

PLN Peduli Serahkan 3.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia
0 Komentar

Bantuan senilai Rp 200 Juta diberikan dalam bentuk tanaman produktif yaitu bibit pohon alpukat lokal kepada 9 kelompok masyarakat meliputi 4 kelompok tani, 1 kelompok sadar wisata dan 4 kelompok masyarakat lainnya dengan total penerima manfaat sebanyak kurang lebih 250 warga.

Selain itu, juga turut diserahkan pupuk dasar, pestisida, alat sprayer listrik dan peralatan cocok tanam lainnya. Pada pelaksanaannya, kelompok tersebut akan diberikan hak untuk mengelola pohon alpukat tersebut di tanah milik Pemerintah Kabupaten Semarang seluas 29 Ha. Selain bibit tanaman dan perlengkapan tanam, mereka juga akan diberikan pelatihan dalam membudidaya alpukat dan juga pengendalian hama penyakit.

Aksi nyata merawat alam ini juga diharapkan juga dapat menjadi lokomotif aspek pengembangan dan pemberdayaan masyarakat menuju ekonomi mandiri. Tanaman alpukat menjadi salah satu komoditas yang cocok untuk tumbuh di wilayah Kecamatan Bandungan.

Baca Juga:Presiden Tinjau Posko RS Sayang Cianjur, Pastikan Logistik Hingga Pasokan Listrik PLN AmanIPDN Kirimkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Hal ini dilihat dari banyaknya tanaman milik petani yang dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Bibit tanaman alpukat ini diproyeksikan sudah dapat aktif produksi pada tahun ke empat dengan potensi 300 buah per pohon atau senilai Rp 2 Juta atau bila dikalikan dengan seluruh pohon yang diserahkan, maka berpotensi menghasilkan Rp 6 Milyar.

Hadir dalam acara, Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. Dirinya mengapresiasi langkah PLN memberikan bantuan tanaman produktif. Menurutnya, secara ekonomi program ini dapat memberikan kemandirian kepada kelompok tani maupun masyarakat agar memproleh pendapatan pada saat tanaman telah produksi.

“Pesan saya kepada masyarakat, kalau sudah ditanam, dirawat. Biar nanti hasilnya bisa maksimal, bisa bagus dan juga bermanfaat. Sekalian, kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang luar bias aini. Semoga Kerjasama ini bisa terus kita tingkatkan dan bisa membawa manfaat bagi masyarakat,” tutur Ngesti.

Kepala Desa Kenteng dan juga Kepala Desa Candi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakatnya. Keduanya berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

0 Komentar