Ratusan Jiwa Mengungsi di Kampung Pameungpeuk Desa Cijedil Cugenang, BIN RI Kirim Logistik

Ratusan Jiwa Mengungsi di Kampung Pameungpeuk Desa Cijedil Cugenang, BIN RI Kirim Logistik
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Badan Intelijen Negara (BIN) RI kirim bantuan ke Kampung Pameungpeuk yang meliputi empat ke RT-an di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jumat (25/11/2022).

Terdapat 420 jiwa di Kampung Pameungpuek meliputi RT 1, 2, 3 dan 4 di RW 03 yang tinggal di dalam tenda karena semua rumahnya rusak berat.

Holis (45), warga setempat mengatakan, dirinya bersama ratusan tetangga lainnya terpaksa harus mengungsi di tenda-tenda pengungsian akibat gempa.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Jangan Coba-coba Menghadang BantuanPresiden Tinjau Posko RS Sayang Cianjur, Pastikan Logistik Hingga Pasokan Listrik PLN Aman

“Ada empat ke RT-an di Kampung Pameungpeuk ini, rumahnya hancur,” katanya di lokasi, Jumat (25/11/2022).

Diungkapkannya, ada tiga orang yang meninggal dunia di Kampung Pameungpeuk. Dua diantaranya warga kampung tersebut, sedangkan satu lagi warga lain yang sedang berkunjung ke kampung itu.

Menurutnya, dua hari pascagempa memang ada bantuan logistik, namun tidak selengkap bantuan yang disalurkan BIN RI berupa kebutuhan anak seperti pampers, susu dan makanan tambahannya.

Kadus I Desa Cijedil Husein Saefuloh mengatakan, ada 420 jiwa yang mengungsi dan terisolir di Kampung Pameungpeuk namun jika dihitung warga di satu ke RW-an kurang lebih ada 2.200 jiwa.

Adapun bantuan logistik yang diberikan BIN RI memang sangat membantu untuk beberapa hari ke depan.

“Jadi, dengan adanya bantuan logistik dari BIN RI sangat membantu,” ujarnya.

Sementara itu Deputi Komunikasi dan Informasi BIN RI Brigjen Prabowo Adjie mengatakan, bantuan yang dibawa mobil truk boks tida bisa sampai ke tujuan karena aksesnya rawan, dan tak bisa dilalui mobil.

Baca Juga:Kunjungi Posko Pengungsian Gempa di Limbangansari Cianjur, Erick Thohir: BUMN Fokuskan Bantuan pada 40 DesaEddy Soeparno Salurkan Bantuan Sembako hingga Terpal ke Korban Gempa di Nagrak Cianjur

“Terpaksa kami turunkan dan diangkut menggunakan sepeda motor, hingga ke titik pengungsian,” kata Ajie.

Ajie mengatakan, beragam bantuan yang disalurkan bagi warga di Kampung Pameungpeuk tersebut, diantaranya mie instan, beras, air mineral, pampers, susu, makanan tambahan anak.(yis/hyt)

0 Komentar