Sungai Cikondang Meluap, Puluhan Hektare Sawah Rusak Terendam Banjir di Cibeber Cianjur

CIANJUR, CIANJUREKSPRES.COM – Puluhan hektare sawah rusak di Kampung Babakan Gempol, Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, terendam banjir pasca hujan deras yang mengguyur Selasa (6/9/2022) dinihari.

Total terdapat 10 hektare sawah yang rusak akibat terendam banjir dari luapan air Sungai Cikondang. Tak hanya itu sejumlah rumah warga pun ikut terendam.

Kepala Desa Cisalak Iwan Holiluruhman mengatakan, saat ini banjir yang menggenangi sawah sudah mulai surut. Namun sawah yang baru ditanam tersebut rusak usai terendam banjir.

Baca Juga: Atap Satu Ruang Kelas di SMPN 2 Cikadu Cianjur Ambruk, Komisi D: Pemkab Harus Cepat Tanggap

“Ketinggian air hampir mencapai setinggi betis orang dewasa, akibat banjir tersebut sekitar 10 hektar sawah yang baru taman rusak,” kata dia kepada wartawan, Selasa (6/9/2022).

“Saat ini air sudah mulai surut, namun sejumlah warga yang rumahnya terendam saat ini tengah melalukan pembersihan lumpur yang masuk ke dalam rumah,” sambung Iwan.

Iwan mengungkapkan, pihaknya telah melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur untuk menangani dampak banjir.

Baca Juga: Dihempas Hujan Angin, Atap Satu Ruang Kelas di SMPN 2 Cikadu Cianjur Ambruk

“Sejumlah petugas BPBD, anggota dari TNI/Polri hingga saat ini masih melakukan penanganan dan memantu warga dalam membersihkan lumpur yang masuk kedalam rumah,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Rubi Wibowo mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan asessment terkait banjir yang terjadi di Cibeber.

“Petugas dibantu anggota TNI/Polri serta sejumlah relawan masih melakukan penanganan akibat dampak banjir setelah hujan deras selama dini hari tadi,” ucapnya.(dik/hyt*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *