Perhatikan! Ini 5 Tips Bermotor Aman Bersama Anak

Perhatikan! Ini 5 Tips Bermotor Aman Bersama Anak
ilustrasi Bermotor (Pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES.NET- Sepeda motor, khususnya tipe matik menjadi pilihan wanita dalam mendukung aktifitas sehari-hari.

Salah satunya untuk mobilitas antar jemput anak ke sekolah, di mana sepeda motor matik sangat efesien baik dari segi waktu dan tenaga, namun terdapat tips motoran aman bersama anak.

Oleh karena itu, selain menghadirkan produk yang berkualitas lewat Yamaha Gear 125 Yamaha melalui instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), M. Arief coba memberikan beberapa tips untuk mendukung keselamatan dan kualitas berkendara baik bagi pengendara sepeda motor maupun para penumpang.

Baca Juga:10 Daftar Lagu Terbaru 2022 yang Temani Malam Minggu Kamu, Dari Galau Hingga CeriaJangan Kepedean! Berikut 4 Tanda Kamu Hanya Dianggap Teman

Salah satunya dalam menghadapi rutinitas harian yang sederhana, seperti berkendara bersama anak dengan sepeda motor.

Berikut beberapa 5 poin yang wajib diperhatikan oleh para pengendara :

1. Perlengkapan berkendara

Baik pengendara maupun anak wajib menggunakan perlengkapan berkendara untuk mendukung keselamatan dalam berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

2. Pilih sepeda motor yang praktis dan ramah untuk digunakan bersama anak

Gunakan sepeda motor yang pas, tidak terlalu besar untuk digunakan bersama anak. Saat mengantar jemput anak sekolah seringkali membawa banyak barang bawaan, seperti tas dan botol minum.

Maka manfaatkan ruang penyimpanan yang disediakan seperti rak penyimpanan di bagian depan, gantungan ganda (double hook), dan bagasi.

Semakin baik jika motor memiliki pijakan kaki untuk anak dan ingatkan anak untuk tidak memainkan kakinya saat berkendara agar tidak tersenggol benda atau kendaraan lain.

3. Posisi Duduk Anak

Sebaiknya membonceng anak di bagian belakang, pastikan tangan anak sudah bisa memegang kuat pengendara.Hal ini penting agar tidak mengganggu keseimbangan saat berkendara.

Baca Juga:Promo Nyalakan Kemerdekaan, PLN Beri Diskon Tambah Daya Hanya Rp170.845Ridwan Kamil Dorong Realisasi Perpres Nomor 87

Bisa juga ditambahkan sabuk pembonceng sehingga keseimbangan dan posisi anak dapat lebih terjaga.

4. Kontrol akselerasi, pengereman, dan kecepatan

Pengendara perlu mengontrol akselerasi seperti bukaan gas yang lebih halus serta pengereman saat mengurangi kecepatan.

5. Atur waktu dan rute yang ditempuh

Mengatur waktu dan rute yang ditempuh saat berkendara juga diperlukan karena anak memiliki ketahanan fisik yang berbeda dibandingkan orang dewasa.

0 Komentar