Rencana Presiden Kunjungi Rusia dan Ukraina, Siap Temui Putin dan Zelenskyy

vRencana Presiden Kunjungi Rusia dan Ukraina, Siap Temui Putin dan Zelenskyy
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah berencana akan melakukan kunjungan ke ibu kota Ukraina dan Rusia, yakni Kiev dan Moskow. (Instagram @Retno_marsudi)
0 Komentar

Cianjurekspres.net- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah berencana akan melakukan kunjungan ke ibu kota Ukraina dan Rusia, yakni Kiev dan Moskow.

Kunjungan tersebut, sebagaimana dikemukakan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, sebagai bagian dari dari rangkaian kunjungan Presiden ke luar negeri pada akhir Juni, dan dilakukan dalam situasi yang masih sangat kompleks. Mengingat peperangan yang tengah berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Nantinya Presiden Jokowi akan bertemu dengan masing-masing pemimpin negara, Presiden Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga:4 Fakta Xavier Alexander Musk, Anak Elon Musk Jadi TransgenderJadi Transgender, Anak Elon Musk Ganti Nama dan Tak Mau Berhubungan dengan Sang Ayah

“Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai presiden G20 dan salah satu anggota champion group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk oleh Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam,” papar Menlu.

Retno menambahkan jika Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin negara ASIA pertama yang melakukan kunjungan ke dua negara tersebut sejak Rusia melancarkan apa yang disebut sebagai operasi khusus di Ukraina.

Selain itu, kunjungan tersebut juga sebagai upaya mendorong semangat perdamaian.

Karena dampak yang dirasakan oleh peperangan tersebut berpengaruh terhadap kehidupan di berbagai belahan dunia.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan ke beberapa negara.

Sebelum mengunjungi kedua negara tersebut, Presiden akan melakukan kunjungan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra.

Usai berkunjung ke ukraina dan Rusia, Jokowi kemudian dijadwalkan berangkat ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk membahas kerja sama ekonomi. (Ant/hsm)

0 Komentar