Tol Caringin-Cianjur Bakal Dibangun, Jalur Puncak II?

Tol Caringin-Cianjur Bakal Dibangun, Jalur Puncak II?
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, mengatakan, rencana pembangunan jalan tol Caringin-Cianjur oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR belum final dan feasibility study (baca: studi analisis) masih dalam proses.

“Itu baru FS (feasibility study, red), itu juga belum jadi, masih dalam proses, yang saya tahu begitu,” ujar Kadis PUTR Cianjur, Eri Rihandiar saat dikonfirmasi Cianjur Ekspres di Pendopo Cianjur, Kamis (16/6).

Eri pun mengungkapkan, rencana pembangunan jalan tol Caringin-Cianjur sudah ada di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Barat. Hanya saja dirinya menjelaskan, tidak disebutkan kapan akan dimulai pelaksanaannya.

Baca Juga:Soal IPM, Sekda Cianjur Sebut Setelah Diidentifikasi Program yang Direncanakan Belum Tepat Sasaran5 Amalan Terbaik Hari Jumat, Dimudahkan Segala Urusan oleh Allah SWT

“Cuma yang jelas tahapannya sekarang yang saya tahu kementerian sedang melakukan FS. Mengenai tahapan berikutnya yang paling (tahu, red) mereka (kementerian, red). Belum ada informasi terbaru lagi.

Eri pun mengaku baru mengetahui adanya pembahasan soal rencana pembangunan jalan tol CaringinCianjur setelah membaca berita di media.

“Saya juga tahunya dari surat kabar bahwa ini sudah mulai ada pembahasan, meskipun dari awal sudah tahu karena di RTRW kita itu sudah dimasukkan,” ucapnya.

Menurutnya, jika pembangunan jalan tol Caringin-Cianjur jadi dilaksanakan akan sangat menguntungkan bagi masyarakat terhindar dari kemacetan. “Cianjur-Bogor permasalahan macet di daerah sana. Keluar dari Cianjur pasti signifikan (macetnya, red),” ujar Eri.

Lantas bagaimana dengan nasib jalur Puncak II jika jalan tol Caringin-Cianjur jadi dibangun?. “Saya kurang paham juga, Kementerian PUPR yang lebih pasti. Yang jelas dari pihak Cianjur sudah menyiapkan lahannya. Sekarang kita merintis meskipun sekarang statusnya jalankabupaten ke arah Puncak II sudah kita selesaikan, itu dari Cianjurnya. Tapi ini (jalurpuncak II, red) idealnya kan bukan sekup pekerjaan kabupaten, karena sekupnya nasional atau provinsi,” katanya.

Seperti diketahui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengungkapkan, bahwa Kementerian PUPR akan membangun shortcut Jalan Tol Caringin ke arah Cianjur sebagai salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak-Bogor.

0 Komentar