Gelar Bimtek, Budhy Setiawan Serius Tingkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Kopi Cianjur

Gelar Bimtek, Budhy Setiawan Serius Tingkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Kopi Cianjur
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Anggota Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan, menegaskan, pentingnya hilirisasi untuk mewujudkan peningkatan nilai tambah dan daya saing kopi Cianjur di wilayah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Budhy saat membuka Bimbingan Teknis bersama Kementerian Pertanian RI bertajuk ‘Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing Hilirisasi Kopi’ di Cianjur, Jumat (17/6).

Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Bupati Cianjur,  Tb Mulyana Syahrudin dan diikuti para peserta dari kelompok tani, petani millenial, kelompok wanita tani (KWT), karang taruna dan pekerja sosial.

Baca Juga:Covid-19 Varian Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk Jabar, Begini Imbauan DinkesJDS Rekrutmen 7 Posisi Tenaga Ahli

“Bimtek tahun 2022 alhamdulillah saya langsung hadir pada kegiatan bimtek ini, dilihat dari tack record kang Budhy sangatlah konsisten, karena tahun kemarin ada bimtek tentang kopi dan tahun sekarang ada lagi bimtek tentang kopi. Hal ini menunjukkan keseriusan kang Budhy memajukan Cianjur dalam sektor perkebunan, langkah selanjutnya diharapkan para petani pada saat pasca panen bisa mengolah kopi dengan berbagai proses untuk meningkatkan daya jual dan cita rasa yang enak di lidah orang Indonesia ataupun mancanegara,” ungkapnya.

Sementara itu, Budhy Setiawan, mengatakan, bimtek yang diberikan kali ini menjadi manfaat bagi pelaku usaha kopi dari hulu sampai hilir untuk mengolah kopi Cianjur dengan cita rasa yang beragam.

“Keseriusan saya dalam perkopian ini dengan rutinnya tiap tahun mengagendakan kegiatan bimtek ini, supaya para pelaku kopi baik di hulu sampai hilir bisa terkoordinasi satu sama dengan yang lainnya,” kata Budhy.

Salah satunya, ungkap Budhy, penjelasan mulai dari budidaya kopi, perawatan pohon kopi dari para petani. Ditengahnya ada seorang pengolahan kopi atau prossesor kopi dan di hilirnya ada roaster serta barista.

“Selanjutnya selain para pelaku usaha yang setiap hari selalu memasarkan dan mempromosikan lewat media sosial, juga perlu adanya dukungan pemerintah kabupaten dalam hal mempromosikan serta pemasaran produk hasil pelaku usaha kopi agar produk-produk kopi Cianjur tersebar ke seluruh wilayah indonesia,” tandas Budhy.(*/hyt)

0 Komentar