DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi, Dewan: Alhamdulillah

DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi, Dewan: Alhamdulillah
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Cianjur Selatan tinggal selangkah lagi, menunggu pengesahan dari Pemerintah Pusat.

Pasalnya Gubernur dan Ketua DPRD Jawa Barat, telah menandatangani persetujuan bersama terkait pemekaran tersebut dalam rapat paripurna yang digelar di DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis (28/4).

Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, mengatakan bahwa hal tersebut menjadi kado atau THR lebaran bagi masyarakat Cianjur Selatan.

Baca Juga:DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah LagiDinkes Jabar Fokuskan Pelayanan Posyandu untuk Turunkan Stunting

“Alhamdulillah ini kado lebaran, THR dari Pemprov Jabar. Kita mengucapkan terima kasih pada gubernur dengan DPRD secara khusus kepada pansus yang telah menuntaskan kajian terhadap usulan CDPOB Cianjur Selatan,” kata Anggota DPRD Cianjur, Asep Sopyan yang ikut menghadiri rapat paripurna di DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis 28/4).

“Dan tadi (kemarin, red) laporan pansus bahwa CDPOB Cianjur Selatan sangat layak dan tentunya kita sepakat ini. Pada catatan pansus, baik gubernur maupun bupati nanti bisa mengkonsolidasikan anggota DPR RI untuk menguatkan usulan dan putusan terakhir dari pemerintah pusat,” tambah Asep.

Dirinya mengatakan, tinggal selangkah lagi proses final untuk Cianjur Selatan menjadi daerah persiapan otonom baru dari pemerintah pusat.

“Ini tentu menjadi proses politik, sehingga nanti pimpinan partai melalui anggota DPR RI yang mewakili wilayah Cianjur nanti harapannya bisa mengutamakan aspirasi ini untuk bisa secepatnya, terutama bisa ada proses pencabutan moratorium,” kata Asep.

Asep berharap, Pemkab Cianjur untuk menjadikan program-program percepatan di Cianjur Selatan. “Tinggal selangkah lagi di pusat, dua langkah sudah dikerjakan di kabupaten dan provinsi. Nantu satu langkah lagi di pusat,” tegasnya.

Hal senada diutarakan Anggota DPRD Cianjur, Igun Hendra Gunawan. Menurutnya, sebagai bagian yang ikut menyuarakan pemekaran daerah di Kabupaten Cianjur sejak 2008, khususnya pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan tentunya merasa bangga bahwa perjuangan tersebut sudah sampai pada tahap persetujuan bersama antara DPRD dengan Gubernur Jawa Barat.

“THR terindah menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tinggal satu tahap lagi CDPOB (Calon Daerah Persiapan Otonomi Daerah) Kabupaten Cianjur Selatan bisa terwujud, yaitu persetujuan DPR RI dan Presiden. Mudah-mudahan moratorium yang diterapkan oleh pemerintah Jokowi ini segera dicabut,” katanya.

0 Komentar