oleh

DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi, Dewan: Alhamdulillah

Cianjurekspres.net – Pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Cianjur Selatan tinggal selangkah lagi, menunggu pengesahan dari Pemerintah Pusat.

Pasalnya Gubernur dan Ketua DPRD Jawa Barat, telah menandatangani persetujuan bersama terkait pemekaran tersebut dalam rapat paripurna yang digelar di DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis (28/4).

Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, mengatakan bahwa hal tersebut menjadi kado atau THR lebaran bagi masyarakat Cianjur Selatan.

“Alhamdulillah ini kado lebaran, THR dari Pemprov Jabar. Kita mengucapkan terima kasih pada gubernur dengan DPRD secara khusus kepada pansus yang telah menuntaskan kajian terhadap usulan CDPOB Cianjur Selatan,” kata Anggota DPRD Cianjur, Asep Sopyan yang ikut menghadiri rapat paripurna di DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis 28/4).

Baca Juga: DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi

“Dan tadi (kemarin, red) laporan pansus bahwa CDPOB Cianjur Selatan sangat layak dan tentunya kita sepakat ini. Pada catatan pansus, baik gubernur maupun bupati nanti bisa mengkonsolidasikan anggota DPR RI untuk menguatkan usulan dan putusan terakhir dari pemerintah pusat,” tambah Asep.

Dirinya mengatakan, tinggal selangkah lagi proses final untuk Cianjur Selatan menjadi daerah persiapan otonom baru dari pemerintah pusat.

“Ini tentu menjadi proses politik, sehingga nanti pimpinan partai melalui anggota DPR RI yang mewakili wilayah Cianjur nanti harapannya bisa mengutamakan aspirasi ini untuk bisa secepatnya, terutama bisa ada proses pencabutan moratorium,” kata Asep.

Asep berharap, Pemkab Cianjur untuk menjadikan program-program percepatan di Cianjur Selatan. “Tinggal selangkah lagi di pusat, dua langkah sudah dikerjakan di kabupaten dan provinsi. Nantu satu langkah lagi di pusat,” tegasnya.

Hal senada diutarakan Anggota DPRD Cianjur, Igun Hendra Gunawan. Menurutnya, sebagai bagian yang ikut menyuarakan pemekaran daerah di Kabupaten Cianjur sejak 2008, khususnya pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan tentunya merasa bangga bahwa perjuangan tersebut sudah sampai pada tahap persetujuan bersama antara DPRD dengan Gubernur Jawa Barat.

“THR terindah menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tinggal satu tahap lagi CDPOB (Calon Daerah Persiapan Otonomi Daerah) Kabupaten Cianjur Selatan bisa terwujud, yaitu persetujuan DPR RI dan Presiden. Mudah-mudahan moratorium yang diterapkan oleh pemerintah Jokowi ini segera dicabut,” katanya.

“Dalam masa menunggu moratorium dibuka, kami berharap Pemerintah Daerah Cianjur bisa lebih fokus dan serius untuk melakukan persiapan-persiapan menyambut CDPOB, berupa pembangunan sarana prasarana yang dibutuhkan di Cianjur Selatan yang termasuk dalam daerah pemekaran,” ujar Igun menambahkan.

Sehingga, jelas Igun, pada saatnya nanti Cianjur Selatan sudah benar-benar siap sebagai CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan.

“Semoga dalam Tahun Anggaran 2023, postur anggaran untuk kegiatan persiapan tersebut bisa mulai terlihat dengan signifikan. Pada kesempatan ini juga kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Cianjur, teman-teman di DPRD Cianjur, Gubernur Jabar dan DPRD Provinsi Jawa Barat serta yang paling utama tentunya masyarakat Cianjur Selatan atas doa dan dukungannya selama ini,” tandasnya.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.