Cipanas Menjadi Perhatian Khusus, Kemenkum HAM Jabar: Terbanyak Orang Asing Setelah Depok

Cipanas Menjadi Perhatian Khusus, Kemenkum HAM Jabar: Terbanyak Orang Asing Setelah Depok
1 Komentar

Cianjurekspres.net – Banyaknya warga Timur Tengah (Timteng) di Cianjur terutama di kawasan Puncak Cipanas menjadi perhatian khusus Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Saat ini pengawasan tak hanya terfokus di wilayah Cipanas namun menyebar di setiap kecamatan.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jabar, Sudjonggo, mengatakan dari sembilan kantor Imigrasi yang berada di Jawa Barat, Kota Depok merupakan wilayah yang terbanyak orang asingnya.

“Cianjur termasuk fokus perhatian juga, karena tempat wisata banyak warga Timur Tengah di sana, tak hanya berwisata, bahkan ada yang tinggal untuk waktu yang cukup lama,” ujar Sudjonggo di kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur Jalan Raya Bandung, Jumat (18/3) lalu.

Baca Juga:Komisi B Soroti IPM Cianjur yang Masih Terendah di JabarAstakira Berhasil Pulangkan Delapan Pekerja Migran dari Kawasan Timur Tengah, Empat Diantaranya Asal Cianjur

Sudjonggo mengatakan, unsur yang masuk ke tim pengawas orang asing tingkat kecamatan terdiri dari unsur Polsek, Koramil, dan Kecamatan.

“Di setiap ada kantor Imigrasi di sana akan terbentuk tim pengawas orang asing,” ujar Sudjonggo.

Sudjonggo berharap dengan terbentuknya tim pengawas orang asing di setiap kecamatan, ke depannya pendataan orang asing keluar yang masuk Jawa Barat bisa terdata dengan baik.

“Tentu jika ada permasalahan semisal kawin campur, sudah ada data,” katanya.

Hingga saat ini sudah terbentuk tim pengawas orang asing di 17 kecamatan di wilayah utara hingga Campaka. Rencananya di setiap kecamatan pada saatnya nanti akan dibentuk tim pengawas orang asing.(yis/sri)

1 Komentar