Tanah dan Air Cikundul Disumbangkan ke IKN

Tanah dan Air Cikundul Disumbangkan ke IKN
DALEM CIKUNDUL: Disinilah babad Cianjur dimulai, Bupati Cianjur R. Aria Wira Tanu Bin Aria Wangsa Goparana disemayamkan. Air dan tanah dari Cikundul inilah yang disumbangkan untuk IKN. (IST)
0 Komentar

Aria Wangsa Goparana kemudian mendirikan Nagari Sagara Herang dan menyebarkan Agama Islam ke daerah sekitarnya. Sementara itu Cikundul yang sebelumnya hanyalah merupakan sub nagari menjadi Ibu Nagari tempat pemukiman rakyat Djajasasana. Beberapa tahun sebelum tahun 1680 sub nagari tempat Raden Djajasasana disebut Cianjur (Tsitsanjoer-Tjiandjoer).

“Cikundul ini menjadi lokasi paling bersejarah di Cianjur, karena dari sanalah Cianjur berasal. Cikal bakal terbentuknya Cianjur ialah Cikundul. Makanya kami pilih tanah dan air Cikunduk untuk diserahkan ke Pemprov yang nantinya dikirim ke IKN,” ujar Herman.

Herman berharap, kesuksesan pendahulu membangun dari nol hingga seperti saat ini bisa juga terwujud di ibu kota negara yang baru.

Baca Juga:Mahasiswa Gelar Aksi untuk Sumbang Pemprov JabarSekolah Disegel, Siswa Tak Bisa PTM

“Kami harap impian membangun ibu kota negara yang maju bisa terwujud. Tidak hanya maju secara ekonomi, pendidikan, hingga teknologi, namun tetap mempertahankan persatuan sebagaimana tanah dan air dari setiap wilayah di Indonesia yang dikirim ke sana, termasuk dari Cianjur sebagai tanah subur,” pungkasnya. (mg1/sri)

0 Komentar