oleh

BP Mektan Luncurkan Inovasi Mesin Penyiram Bawang Merah Tenaga Surya Berbasis Digital

Cianjurekspres.net – Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BP Mektan) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, meluncurkan inovasi mesin penyiram bawang ramah lingkungan.

Mesin tersebut digerakkan oleh tenaga surya berbasis digital. “Gagasan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan petani bawang di Jabar yang sangat terbatas akan sarana prasarana dalam upaya meningkatkan produktivitas sektor hortikultura khususnya tanaman bawang,” ujar Kepala BP Mektan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat, Teguh Khasbudi, Rabu (15/9/2021).

Teguh mengungkapkan, inovasi tersebut mudah di produksi secara ekonomis, efektif dan efisien. Menurutnya, alat penyiram bawang bertenaga surya berbasis digital disahkan oleh Kepala Dinas TPH Jawa Barat, Dadan Hidayat.

“Secara langsung Kepala Dinas TPH meninjau ke BP Mektan di Jalan Darmaga Timur, Bojongpicung Kabupaten Cianjur. Beliau sangat mengapresiasi inovasi tersebut dan menumbuhkan nilai tambah buat petani tanaman bawang khususnya di Jawa Barat,” tandasnya.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *