Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H Sore Ini

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H Sore Ini
ilustrasi Kantor Kementerian Agama RI.(foto/net)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat awal Ramadan 1442 Hijriah pada Senin (12/4/2021) sore. Sidang tersebut dilaksanakan secara luring dan daring.

Sidang luring dilaksanakan di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian hadir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Baca Juga:Daging Ayam LabJokowi Perintahkan Langkah Tanggap Darurat Penanganan Gempa Malang

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya’ban 1442 H,” ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta seperti dilansir dari FIN, Senin (12/4/2021).

Sejumlah ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persatuan Islam (Persis) dan Al Washliyah juga akan hadir langsung di Kantor Kemenag. Selain itu, ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring.

“Ada 29 Duta Besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang,” ujarnya.

Sidang Isbat akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19). Lokasi sidang akan disemprot terlebih dahulu dengan cairan disinfektan.

Peserta yang hadir juga dibatasi dengan posisi berjarak. Sebelum memasuki ruangan, mereka diwajibkan mengikuti rangkaian protokol kesehatan, seperti pemindaian suhu tubuh dan memakai masker.

“Sidang Isbat akan disiarkan media sosial Kemenag,” ucapnya

Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim menyampaikan, sidang Isbat dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung.

Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup. Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang Isbat oleh Menteri Agama (Menag) yang akan disiarkan medsos Kemenag. (fin/hyt)

0 Komentar