Ide Mirip Cohen

Petir Politik
ilustrasi.(ist)
0 Komentar

MUNGKIN hanya para penggoreng saham yang mengatakan Disway hari ini lebih menarik dari siapa itu yang meninggalkan pacarnya itu.

Bayangkan, saham GameStop ini ternyata bisa melejit lagi. Gila-gilaan lagi. Saham bisnis persewaan game itu awalnya memang sempat tinggal 17 dolar. Lalu digoreng oleh anak-anak muda netizen secara ramai-ramai. Mereka bikin sejarah di pasar modal. Inilah untuk kali pertama netizen menggoreng saham –dengan cara bergerak bersama lewat Reddit.com.

Jadilah harga saham GameStop melejit ke atas 350 dolar. Hanya dalam seminggu. Mana ada bisnis yang hebatnya seperti itu.

Baca Juga:Uu Ingin Perkuat Fungsi Bank SampahEma Positif Covid, Oded Bahas PLH Sekda Kota Bandung

Awalnya anak-anak muda itu ”tersinggung” dengan sikap perusahaan hedging. Yang suka meramal saham mana yang akan turun dan mana yang naik. Mereka ingin membuktikan sebaliknya. Maka ratusan ribu netizen di Raddit bergerak bersama: membeli saham GameStop yang begitu murah.

Perusahaan hedging itu kewalahan. Mereka banyak yang rugi besar. Salah satunya Robinhood. Lantas Robinhood ”balas dendam”: menghentikan fasilitas transaksinya. Harga saham GameStop runtuh. Tiap hari anjlok. Tinggal 42 dolar. Ribuan orang/perusahaan mengalami kerugian besar. Yang kalau ditotal bisa sampai hampir Rp 1.000 triliun.

Ternyata para netizen yang tergabung di Reddit itu tidak menyerah. Mereka bergerak lagi. Ramai-ramai menggoreng GameStop lagi. Sejak minggu lalu. Harga saham pun naik lagi. Dan naik lagi. Kemarin sudah mencapai 200 dolar lagi. Memang belum kembali ke atas 350 dolar tapi hebohnya bukan main.

Kekayaan bisa naik mendadak begitu melambung. Tapi kekayaan itu juga bisa hilang dalam sekejap. Lalu naik naik lagi.

Di penggorengan pertama tercatat nama YouTuber yang tiba-tiba melejit: Keith Gill. (Disway 31 Januari 2021)

Di penggorengan kedua ini ada bintang baru: Ryan Cohen. Latar belakang Cohen lebih jelas dari Keith Gill. Bahkan sangat jelas.

Cohen orang kaya baru. Kurang dari 10 tahun sudah punya kekayaan Rp 100 triliun. Itu hanya mungkin terjadi di zaman online ini.

Baca Juga:Sekda Kota Bandung Positif Covid-19, Dinkes: Tidak Ada Vaksin yang Menjamin 100 PersenPolisi Tangkap Pelaku Pencurian Bahan BH di Sukaluyu Cianjur

Ide itu datangnya begitu biasa: awalnya Cohen mengalami kesulitan saat belanja makanan untuk anjingnya. Lalu muncul ide: mau bikin toko online. Khusus jual makanan binatang piaraan. Nama perusahaannya: Chewy.

0 Komentar