Vaksinasi Covid-19 Munculkan Herd Immunity

Vaksinasi Covid-19 Munculkan Herd Immunity
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Tujuan utama vaksinasi Covid-19 adalah memunculkan kekebalan kelompok (herd immunity). Dampak yang lebih besar adalah penurunan angka kasus COVID-19 di Indonesia.
“Apa sih tujuan menciptakan imunitas. Targetnya adalah kekebalan kelompok. Kekebalan kelompok ini sangat penting untuk menurunkan risiko terjadinya wabah,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, dokter Reisa Broto Asmoro di Jakarta, Selasa (26/1) dilansir dari FIN.
Dia menuturkan dengan semakin banyak orang menerima vaksin COVID-19, maka kian banyak orang punya perlindungan spesifik atau imunitas/kekebalan. “Makin banyak orang kebal terhadap virusnya. Makin banyak yang terlindungi, sehingga akan mempercepat terjadinya penurunan kasus. Harapannya seperti itu,” imbuhnya.
Baca Juga: 10 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Cianjur
Reisa menuturkan jika sudah lebih dari 70 persen penduduk di dunia memiliki kekebalan terhadap virus, maka penularan COVID-19 tidak akan terjadi secepat ini.
“Kalau misalnya sudah lebih dari 90 persen orang yang punya kekebalan, Virus akan kehilangan inangnya. Karena orang sudah pada kebal,” ucap Reisa.
Jika pun sampai terinfeksi virus penyebab COVID-19, vaksin itu akan melindungi para penerima vaksin supaya tidak sampai sakit berat. “Jadi pasti penularannya juga risikonya akan menurun. Karena itu, jangan lupakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak),” tutur Reisa.
Pada saat ini, Indonesia sedang melakukan vaksinasi COVID-19 gelombang pertama, yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan, orang-orang di bidang pelayanan publik dan juga orang-orang yang bekerja berhubungan langsung dengan masyarakat. (rh/fin/hyt)

0 Komentar