oleh

Dilantik Jokowi, Listyo Sigit Prabowo Resmi Jabat Kapolri

Cianjurekspres.net – Presiden RI Joko Widodo melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Dilansir dari laman setkab.go.id, Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991 itu dilantik melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/Polri Tahun 2021 tentang pengangkatan Kapolri yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden. Setelah diambil sumpahnya, Listyo Sigit kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden melalui Keppres Nomor 7/Polri Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri, juga menetapkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Jenderal Polisi.

Usai dilantik, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan komitmennya untuk menampilkan potret institusi kepolisian sebagai penegak hukum yang tegas namun humanis.

“Apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan, dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ungkap Kapolri.

Kapolri mengatakan, komitmen tersebut akan ditindaklanjuti dengan menjalankan program transformasi di empat bidang dan melaksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan. Dirinya menegaskan, akan terus melakukan upaya penegakan hukum sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi COVID-19 di mana keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

“Bagaimana kita berusaha untuk melakukan upaya-upaya penanggulangan terhadap COVID-19 baik di dalam kegiatan-kegiatan yang kita disiplinkan, penegakan aturan protokol kesehatan yang terus harus kita lakukan, karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolri menambahkan, dalam menghadapi tantangan di tengah situasi krisis akibat pandemi, Polri juga harus dapat membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga semua pihak bisa segera terlepas dari situasi krisis, dan ekonomi bisa kembali bertumbuh.

“Tentunya itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas kamtibmas semuanya berjalan dengan aman, lancar, dan baik,” katanya.(setkab.go.id/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *