Curug Cikondang, Destinasi Wisata Alam di Campaka Cianjur yang Butuh Perhatian

Curug Cikondang, Destinasi Wisata Alam di Campaka Cianjur yang Butuh Perhatian
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kabupaten Cianjur memiliki beragam destinasi wisata alam yang mampu menarik wisatawan dari dalam dan luar untuk datang berkunjung. Salah satunya Curug Cikondang.
Objek wisata yang menawarkan pemandangan indah air terjun ini berlokasi di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka. Untuk tiket masuk sangat terjangkau, hanya Rp5000 saja.
Setiap akhir pekan, Curug Cikondang selalu ramai dikunjungi wisatawan, pun demikian pada libur akhir tahun. Sejak Kamis 31 Desember 2020 hingga Sabtu 2 Januari 2021, tidak kurang 5000 orang wisatawan berkunjung ke Curug Cikondang.
Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Curug Cikondang, Sundara Saputra mengatakan, pengunjung yang datang di dominasi dari Cianjur dan Sukabumi.
“Ada sebagian satu dua kendaraan dari luar kota, tidak begitu banyak karena situasi pandemi,” ujarnya kepada cianjurekspres.net, Minggu (3/1/2021).
Karena masih pandemi, pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan pengecekkan suhu tubuh dan mewajibkan memakai masker bagi setiap pengunjung.
Ramainya pengunjung Curug Cikondang saat ini, ungkap Sundara, tidak terlepas dari peran Karang Taruna sebelum Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kabupaten Cianjur menginisiasi membentuk Kompepar.
“Inisiatif Karang Taruna kumpul bareng menata dan akhirnya dengan pencapaian sekarang dari kunjungan pengunjung masuk, peningkatan lumayan bagus dari tahun ke tahun, bulan ke bulan ditambah aktif mempromosikan via media sosial,” katanya.
Saat ini pengelolaan Curug Cikondang sudah memasuki tahun ketiga. Meski demikian, Sundara mengakui, masih banyak kekurangan terkait fasilitas penunjang yang perlu di lengkapi kedepannya.
Dari mulai kurangnya WC umum, musala dengan kapasitas minim dan gazebo tempat istirahat pengunjung yang ala kadarnya. Termasuk akses menuju lokasi curug masih butuh perbaikan.
Sundara berharap, fasilitas yang masih kurang di Curug Cikondang kedepannya bisa dibenahi. Tentunya dengan perhatian dari pemerintah daerah dan dinas terkait.(hyt)

0 Komentar