Pengamat Berharap Menteri Baru Buat Terobosan di Tengah Pandemi

Pengamat Berharap Menteri Baru Buat Terobosan di Tengah Pandemi
Presiden Joko Widodo melantik 6 orang menteri dan 5 orang wakil menteri di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12). (ANTARA/HO-Agus Suparto)
0 Komentar

Apalagi tantangan ke depan isu politik identitas berbaju agama masih sangat kuat dan peluang radikalisme dan intoleransi masih tumbuh saat ini.
“Penunjukan Gus Yaqut sangat tepat sekali karena keberadaan beliau sebagai representasi ormas keagamaan terbesar yaitu NU serta beliau dikenal sosok tegas terhadap gerakan radikalisme dan intoleransi,” tutur-nya.
Hermanto menilai komitmen beliau dengan isu kebangsaan dan nasionalisme juga kuat, sehingga sosok Gus Yaqut itu menampakkan simbol yang tepat bagaimana visi kementerian agama dikelola ke depan.
“Harapannya ke depan para menteri dan wamen bisa mengatasi persoalan serius terkait penanganan Covid-19 terutama dalam manajemen tata kelola kesehatan yang baik apalagi ke depan adalah pemerintah dihadapkan dengan bagaimana fase pengelolaan vaksinasi,” katanya.
Selain itu, lanjut dia, pemulihan ekonomi dimana formula bantuan sosial yang tepat sasaran dan mampu memberdayakan masyarakat, serta pemulihan bisnis wisata dan wirausaha masyarakat.
Ia mengatakan problem masih menguat-nya politik identitas dengan baju agama serta radikalisme yang potensial menjadi distegrasi persaudaraan dan kebangsaan perlu mendapat perhatian serius.
“Secara ‘track record’ para menteri ini positif tinggal bagaimana integritas dan semangat kerja mereka yang ditunggu publik,” ujarnya.(ant/nik)

0 Komentar