Inilah Pengaruh Industri Musik Saat Bintang Rock Jual Seluruh Lagunya

Inilah Pengaruh Industri Musik Saat Bintang Rock Jual Seluruh Lagunya
Bob Dylan (REUTERS/KI PRICE)
0 Komentar

Dengan sebagian besar artis yang tidak menghasilkan banyak uang dari penjualan rekaman fisik, unduhan, atau bahkan streaming – kecuali Taylor Swift – tur adalah aliran pendapatan utama, yang tiba-tiba mengering.
Itulah sebabnya, para musisi berbondong-bondong menjual hak cipta karya mereka.
“Ada The Killers, yang menjual aset penerbitan mereka ke perusahaan ekuitas swasta, Calvin Harris menjual asetnya ke perusahaan ekuitas swasta,” kata Aswad. “Itu adalah dua tindakan yang sangat bergantung pada tur untuk mendapatkan penghasilan… Mereka mungkin telah membuat beberapa keputusan keuangan dengan berpikir bahwa mereka akan menghasilkan sekian banyak uang dari tur tahun ini. Dan sekarang mereka menghasilkan nol.”
Tidak diragukan lagi, artis yang merasakan dampak dari krisis Covid harus berpikir out of the box.
“Sekarang mereka sangat ingin membicarakan divestasi,” kata Steve Salm, kepala pengembangan bisnis di Concord Music Publishing, yang dilaporkan baru saja mengakuisisi portofolio Imagine Dragons seharga sekitar 100 juta dolar AS
Salm juga menyebut masalah tur pandemi sebagai nilai jual bagi para artis, tetapi mengatakan ini benar-benar tentang “pendapatan kotor murni” yang tersedia dari kesepakatan seperti ini. “Harga mencapai titik di mana pemilik berkata, ‘Tentu saja saya harus menjual. Saya tidak pernah menyangka akan melihat harga seperti ini dalam hidup saya,” katanya.
Selain itu, Aswad mengatakan, pemerintahan presiden AS yang akan datang juga akan membawa “apa yang mungkin menjadi lompatan besar dalam pajak capital gain, jadi orang-orang ingin menyelesaikan kesepakatan ini sebelum Biden menjabat..”
Dari perspektif keuangan, CEO Primary Wave, Larry Mestel setuju bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk membuat kesepakatan ini. “Pertama, suku bunganya sangat rendah,” ujarnya. “Dan hak cipta musik menyediakan tempat yang bagus bagi investor yang suka berinvestasi dalam peluang alternatif – tempat yang relatif aman untuk dikunjungi dan mendapatkan hasil. Sebagai contoh, Stevie Nicks, katalognya telah menghasilkan pendapatan yang sangat stabil sekarang selama 30 tahun atau lebih.”
Apa yang bisa dilakukan dengan menjual katalog adalah menghirup kehidupan baru ke dalam karya klasik lama, kata Mestel.

0 Komentar