Debat Pilkada Cianjur akan Disiarkan Langsung di TV Nasional, Ini Tanggal dan Waktunya

Debat Pilkada Cianjur akan Disiarkan Langsung di TV Nasional, Ini Tanggal dan Waktunya
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Debat pasangan calon bupati dan wakil bupati Cianjur di Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar pada 20 November 2020 disiarkan langsung televisi nasional.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur belum memastikan lokasi pelaksanaan debat paslon. Hanya saja waktu penanyangan debat dari pukul 13.30-15.30 WIB.
“Rencana di Bandung, lokasi belum final masih menunggu rapat koordinasi teknis dengan pihak televisi nasional, pelaksana debat dan pihak ketiga,” ujar Anggota KPU Cianjur, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas & SDM, Rustiman, Selasa (10/11).
Baca Juga: Dewan Cianjur Minta Masyarakat Jangan Terlena dengan AKB
Menurutnya, ada empat orang penyusun materi dari kalangan profesional dan akademisi. Diantaranya, Wakil Rektor 2 UIN Bandung Prof. Dr. Tedi Priatna, M.Ag. Pakar Komunikasi Politik Indonesia sekaligus Dosen Tetap UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si. Dosen Universitas Ibn Khaldun dan Anggota KPU Sukabumi tahun 2013-2018, Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM. Dosen Tetap dan Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) serta Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Dr. Ujang Komarudin, M.Si.
“Hanya saja pada saat debat nanti tidak akan menghadirkan tim penyusun materi. Pertanyaannya nanti akan disampaikan oleh moderator,” ujar Rustiman.
Lebih lanjut Rustiman mengatakan, pada saat debat nanti yang boleh hadir hanya Paslon Bupati dan Wakil Bupati, Tim Kampanye Paslon masing-masing empat orang, Bawaslu Kabupaten Cianjur 2 orang dan Komisione KPU Cianjur lima orang.
Hal ini berdasarkan PKPU 13 Tahun 2020 Pasal 59 tentang perubahan kedua PKPU 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota pada saat bencana non alam Covid-19.
“Ada lima babak debat paslon. Babak pertama pembukaan dan pemaparan visi misi, lalu babak kedua dan ketiga setiap paslon diberikan dua pertanyaan. Sedangkan di babak keempat dan kelima tanya jawab antar paslon,” papar Rustiman.(hyt)

0 Komentar