BUMDes Sukatani Cianjur Kendalikan Sampah dengan Gotong Royong

BUMDes Sukatani Cianjur Kendalikan Sampah dengan Gotong Royong
Sejumlah anggota Bumdes Karya Mandiri mengangkut sampah rumahan setelah dilakukan pemilahan. Dengan bergotong royong sampah rumahan tersebut bisa teratasi tidak dibuang sembarangan. (Ayi Sopiandi/Cianjur eskpres)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur mengelola dan mengendalikan sampah rumahan dengan cara gotong royong mengajak masyarakat.
Direktur Bumdes Karya Mandiri Hasbim Misbahudin mengatakan, berawal dari inisiatifnya itu mencoba untuk mengelola atau mengendalikan sampah-sampah rumahan yang selama ini dibuang sembarangan namun kini berupaya diangkut dengan menggunakan dua mobil truk.
“Setelah kita telusuri sampah rumahan tersebut untuk di 4 kedusunan di Desa Sukatani ternyata lumayan banyak bisa mencapai 10 hingga 12 ton,” katanya, Senin (9/11).
Baca Juga: Hari Ketiga Gowes 3000 Km Cianjur-Aceh, Dicky-Niko Berhasil Sampai di Bakauheni Lampung
Hasbim mengatakan, dengan cara gotong royong tim dari Bumdes Karya Mandiri mencoba bersosialisasi ke masyarakat agar sampah-sampahnya tak lagi dibuang sembarangan melainkan akan diangkut dengan menggunakan armada Truk setiap minggunya.
“Kami dari Bumdes, hanya meminta seikhlasnya saja iuran untuk biaya operasional pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Pasirsembung,” katanya.
Menurutnya, Bumdes tidak pernah menarik iuran dengan tarif yang ditentukan melainkan hanya seikhlasnya dari warga.
“Ada juga yang tidak membayar, tapi kami tetap mengangkutnya. Dengan harapan ada kesadarannya untuk berpartisipasi,” paparnya.
Pengangkutan sampah biasa ia lakukan per satu minggu, langsung menurunkan dua unit truk.
Hasbim mengatakan, saat ini hanya baru empat ke dusunan yang baru ia tangani sampah di Desa Sukatani, diantaranya di Jalur Pasirkampung, Panagan, Barukupa, Pasir haur, Tegal sapi, Kayu manis, dan Gunungputri.(yis/sri/hyt)

0 Komentar