oleh

Acil Bimbo Ingin Tiga Pilar Budaya Cianjur Diperluas

Cianjurekspres.net – Personil grup musik legendaris Bimbo yang juga budayawan, Acil menilai bahwa budaya di Kabupaten Cianjur sangat luar biasa. Ia juga menginginkan agar tiga pilar budaya di Cianjur bisa diperluas.

“Saya berkunjung ke Cianjur untuk membicarakan tentang ‘jaga lembur’. Cianjur bagi saya tonggak budaya yang luar biasa di Jawa Barat juga di Indonesia. Cianjur punya gunung padang itu umurnya sudah berapa lama, kemudian punya tiga pilar budaya, ngaos, mamaos, maenpo. Itu produk orang tua kita dulu yang bagi saya saat ini sangat membanggakan,” kata Acil Bimbo, baru-baru ini, Rabu (9/9).

Ia menuturkan, penjajah Belanda pernah berkata bahwa Tuhan tersenyum ketika Pasundan (tanah Sunda) lahir. Ia menyebut adab orang Sunda sangat tinggi.

Baca Juga: Ancam Sanksi Tempat Usaha Tak Patuhi Protokol Kesehatan

“Orang Sunda itu keadabannya sangat tinggi, ada silih asah, silih asih, silih asuh, itu sangat manusiawi. Kemudian soméah, jembar, dan sebagainya. Apakah orang sunda pernah berfikir begitu? Apakah orang sunda mensyukuri?,” ungkapnya.

Maka dari itu, ia berharap tiga pilar budaya Cianjur bisa terus dilanjutkan dan diperluas. Hal ini menjadi PR bersama untuk membuat tiga pilar budaya dalam suasana kekinian.

“Bagi saya khususnya Cianjur, tadi tiga pilar budaya saya berharap, ngaos ada gerakan keagamaan, misalnya setahun sekali ada pertemuan agama. Mamaos itu paling istimewa ya Cianjuran, saya berharap setahun sekali ada pertemuan orang pengembang Cianjuran di Cianjur, di samping itu lagu Sunda pop ikut juga. Di dalam maenpo, sempurnakan konsep dan manajemen organisasinya,” pungkasnya. (job3/sri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *