Cianjur Punya Kampung Demokrasi, Ini Lokasinya

Cianjur Punya Kampung Demokrasi, Ini Lokasinya
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kampung Margaluyu RW 12 Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur diresmikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Kampung Demokrasi.
Alasan Kampung Margaluyu dijadikan Kampung Demokrasi dalam rangka meningkatkan dan mengefektifkan sosialisasi elektoral dan pendidikan pemilih serta partisipasi masyarakat pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur tahun 2020.
Diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran publik terhadap pentingnya demokrasi yang berkualitas.
” Kampung Demokrasi sebagai sarana pendidikan politik khususnya terkait informasi tahapan Pilkada 2020, kemudian Kampung Margaluyu memiliki presentasi pemilih yang stabil dalam setiap pemilihan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah dalam keterangan tertulis yang diterima cianjurekspres.net, Selasa (14/7/2020).
Baca Juga: Petugas Pilkada 2020 Wajib Rapid Test, KPU Jabar: Sekitar 7000 Unit
Sementara itu Anggota KPU Cianjur, Rustiman menjelaskan, tujuan dibentuknya Kampung Demokrasi yakni untuk mengaktivasi dan mematangkan kesadaran berdemokrasi electoral. Lalu untuk Menstimulasi Perilaku Politik pemilih yang berintegritas, dan untuk Mengembangkan dan Meningkatkan budaya Demokrasi electoral.
“Kampung Margaluyu RW. 12 Kelurahan Muka Kecamatan Cianjur terpilih menjadi kampung demokrasi setelah sebelumnya KPU Cianjur melakukan kajian komprehensif atas partisipasi electoral khususnya kehadiran pemilih di TPS pada pemilu tahun 2014, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur tahun 2015, dan pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018,” katanya.
Berdasarkan kajian tersebut, ungkap Rustiman, didapat data bahwa angka partisipasi di TPS 15 yang terletak di Kampung tersebut memiliki tren positif yaitu adanya peningkatan mulai dari 73,26%, 88,10% dan 92,86%.
“Selain dilihat dari tingkat partisipasi electoral, KPU Cianjur juga melakukan observasi lapangan ke kampung dan rukun warga serta menggali informasi dari berbagai pihak termasuk tokoh setempat. Dari hasil observasi tersebut diperoleh fakta bahwa tingkat partisipasi electoral yang baik tersebut ditopang oleh tingkat antusiasme electoral masyarakatnya yang cukup tinggi, sehingga Kampung Margaluyu ini layak dijadikan Kampung Demokrasi, yang kedepan diharapkjan dapat menjadi ikon dan percontohan bagi wilayah lainnya,” paparnya.
Peresmian kampung ditandai dengan dibukanya saung “Bagja Balarea” sebagai ikon kampung demokrasi dengan simbolis pengguntingan pita oleh Ketua KPU Kabupaten Cianjur didampingi oleh jajaran komisioner KPU Cianjur, Bawaslu Cianjur, Kecamatan Cianjur, Polsek Cianjur, Koramil Kota, Kepala Kelurahan Muka dan tokoh masyarakat lainnya.

0 Komentar