Limbah Medis Penanganan Covid-19 24 Ton Per Hari

Limbah Medis Penanganan Covid-19 24 Ton Per Hari
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) infeksius khususnya limbah Covid-19, mencapai 24 ton per hari, sejak April lalu.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan PT Jasa Medivest (Jamed) menyelesaikan volume limbah medis yang ditangani pihaknya meningkat sekitar 20 persen selama pandemi Covid-19.
Direktur Jasa Medivest, Olivia Allan menyebut, limbah medis infeksius, termasuk Covid-19 tak hanya dari Jawa Barat melainkan, dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Yogyakarta, Sumatera Barat, Jambi, dan DKI Jakarta.
“Dalam kurun Maret-April, kami sudah menangani sekitar 1,5 ton limbah Covid-19 dari berbagai provinsi. Kapasitas kami saat ini sudah 24 ton per hari,” ujar Olivia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/6/2020).
Selain itu, kata Olivia, Jamed rutin menangani limbah Covid-19 di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar yang merupakan pusat isolasi pasien Covid-19.
Kemudian, Jamed menangani limbah medis pelaksanaan rapid tes di Institut Teknologi Nasional Bandung.
“Kami siap untuk menangani limbah Covid-19 dari berbagai wilayah. Kita siap di Jabar, dan daerah lain, karena kapasitas penanganan kami sudah mumpuni,” tutupnya.(rls/**)

0 Komentar