oleh

Beli Produk UMKM Sebagai Tanda Cinta Produk Lokal

Cianjurekspres.net – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)menjadi urat nadi perekonomian Indonesia menjadi terpukul oleh pandemi Covid-19 sejak kuartal I 2020.

Meski demikian, permintaan terhadap produk yang dijual tetap tinggi, sehingga kondisi ini sebetulnya menciptakan suatu kesempatan bagi UMKM untuk berjualan dengan menggunakan cara yang berbeda, di antaranya adalah memanfaatkan teknologi.

CEO dan salah satu pendiri DANA, Vincent Iswara menyebut teknologi diharapkan dapat membantu perdagangan yang sudah berpindah dari offline menjadi online.  Sehingga peran e-commerce dan pembayaran melalui dompet digital menjadi semakin penting.

“Dengan banyaknya UMKM yang bergabung melalui e-commerce, maka diharapkan produk lokal lebih merajai pasar dalam negeri, terutama karena saat ini terjadi kesulitan untuk melakukan impor. Inilah yang menjadi kesempatan produsen Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Vincent dalam terangan tertulis, Rabu (10/6/2020).

Untuk mempercepat pemanfaatan teknologi dalam rangka membantu UMKM di sektor ritel dan mendorong masyarakat untuk mencintai produk lokal, dompet digital DANA bersama dengan LAZADA turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan oleh Pemerintah bulan Mei lalu.

Dukungan dari DANA adalah melalui voucher sebesar 50% untuk setiap pembelian produk buatan Indonesia di Lazada dengan menggunakan DANA sebagai metode pembayaran selama periode 8-30 Juni 2020.

“Melalui program ini kita bersama-sama dapat membantu UMKM melewati masa sulit ini sehingga perekonomian bisa pulih. Sebagai perusahaan teknologi yang mengusung platform terbuka, kami mendorong para UMKM untuk go digital sebagai solusi di masa depan,” ujarnya.

Vincent menambahkan, dengan mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia, DANA juga ingin menanamkan di masyarakat mengenai rasa cinta dan bangga terhadap produk dan karya anak bangsa. Dengan mencintai dan membeli produk-produk dalam negeri, berarti masyarakat telah membantu UMKM untuk bisa bertahan dan berkembang.

Adapun voucher yang diberikan kepada pengguna Lazada dimaksudkan untuk mengajak masyarakat hidup lebih hemat, bukan justru menjadi konsumtif.

Sementara itu, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono mengatakan, sebagai salah satu penggagas gerakan nasional Bangga Buatan Indonesa, Lazada berkomitmen untuk membangkitkan bisnis di Indonesia dengan mendukung produk-produk UKM Indonesia yang  berkualitas melalui kanal Bangga Buatan Indonesia.

Program akan berakhir 30 Juni 2020.  Para pengguna Lazada yang bertransaksi menggunakan DANA sebagai metode pembayaran akan mendapatkan voucher sebesar 50% senilai maksimal Rp 15.000 untuk pembelian produk-produk buatan Indonesia  dengan pembelian minimal Rp 30.000.(rls/**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.