Soal Berdampingan Hidup dengan Covid-19, Ini Penjelasan Jokowi

Soal Berdampingan Hidup dengan Covid-19, Ini Penjelasan Jokowi
Presiden RI Joko Widodo melalui video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020). (Foto: Rizal/Humas Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Presiden Joko Widodo menegaskan maksud berdampingan hidup dengan Covid-19 agar semua tidak menyerah, namun menyesuaikan diri dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Kita lawan keberadaan virus Covid-19 tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat, yang harus kita laksanakan,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan yang disampaikan melalui akun media sosial youtube, Jumat (15/5/2020) dilansir dari setkab.go.id.

Jokowi mengatakan, Pemerintah akan mengatur agar kehidupan semua berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Baca Juga:Pemerintah Belum akan Longgarkan PSBBGubernur Jabar Paparkan Evaluasi PSBB Tingkat Provinsi

“Saya tekankan, keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas. Ini jangan dibenturkan sebagai sebuah pilihan, ini bukan dilema,” katanya.

Kehidupan yang sekarang, menurut Jokowi sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini, itu keniscayaan. Ia menambahkan bahwa itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru.

“Tapi kehidupan yang berbeda itu bukanlah kehidupan yang penuh pesimisme atau ketakutan. Kita kembali, kita kembalikan produktivitas kita dengan optimisme karena kita juga tetap menerapkan berbagai mekanisme pencegahan,” tandasnya.

Jokowi menegaskan bahwa virus Covid-19 berbahaya, tapi bisa dicegah dan dihindari sebagaimana telah disampaikan berkali-kali yakni jaga jarak yang aman, cuci tangan setelah beraktivitas, pakai masker.

“Jadi dalam tatanan kehidupan baru nanti, memang itu yang harus kita pegang,” katanya.

Dalam hal beraktivitas, Jokowi mengatakan semua memang harus berkompromi dengan Covid-19, bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Yang kemarin saya bilang, kita harus berdamai dengan Covid-19. Karena informasi terakhir dari WHO (World Health Organization) yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang,” tuturnya.

Baca Juga:Update Covid-19 Cianjur, 16 Mei 2020Peduli Sesama, PPC Berbagi Nasi Bungkus untuk Buka Puasa

Artinya, Jokowi menegaskan sekali lagi bahwa semua harus berdampingan hidup dengan Covid-19.

“Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif dan aman dari Covid-19,” pungkasnya.(stkb/*)

0 Komentar