Angka Reproduksi Covid-19 Tertinggi di Bodebek

Angka Reproduksi Covid-19 Tertinggi di Bodebek
Foto: Humas Jabar
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut data Sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bodebek memiliki angka Reproduksi tertinggi dibanding wilayah lain di Jawa Barat yakni 1,27 persen.
Setelah 14 hari PSBB pertama hingga 28 April lalu, angka Reproduksi menurun menjadi 1,07. Berita baiknya, Jabar PSBB nya relatif berhasil, Bodebek khususnya yang tadinya tertinggi dalam kecepatan penularan sekarang sudah turun.
Emil, sapaan akrabnya, menyebut bantuan diterima langsung oleh Jabar Bergerak. Rinciannya, 20.000 surgical mask dan 1.000 KN95 dari Yayasan Solusi Bersinar Indonesia dan Bank Sampah Bersinar, 62 baju Alat Pelindung Diri (APD) dan 160 paket sembako dari Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), APD dari UNIKOM, 10.000 paket sembako dan 30.000 pack nasi bungkus dari Gereja Sahabat Kota, dan 1.000 nasi kota dari Grab.
“Karena perangnya kesehatan maka pertempuran di lini depannya adalah dokter dan perawat. Untuk itu, saya apresiasi kepada pihak yang menyumbangkan alat-alat kesehatan maupun sembako dan donasi,” ujar Emil dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/5/2020).
PSBB, kata Emil mampu mengurangi pergerakan manusia. Sementara larangan mudik dapat menekan kasus impor dari zona merah yang merupakan episentrum Covid-19. Sedangkan tes masif bertujuan untuk memetakan persebaran Covid-19.
“Keberhasilan melawan Covid-19 dalam situasi sekarang ada 3 strategi, yaitu PSBB yang ketat, melarang mudik agar tidak ada kasus impor, lalu tes masif. Di situlah kita bisa menurunkan persebaran Covid-19,” pungkasnya.(rls/**)

0 Komentar