Imbas Virus Korona, PO Bus di Cianjur Merugi

Imbas Virus Korona, PO Bus di Cianjur Merugi
Tampak deretan bus milik PO Marita yang terparkir di pool. (foto/ist)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Merebaknya wabah virus Korona (Covid-19) di Indonesia berdampak negatif terhadap sektor transportasi, khususnya darat. Turunnya jumlah penumpang membuat para pengusaha angkutan umum harus memutar otak untuk tetap beroperasi, ditengah ancaman virus.
Hal ini juga yang dirasakan PO Marita, sejak pertengahan Februari hingga Maret 2020 perusahaan bus yang berpusat di Cianjur tersebut mengalami penurunan penumpang cukup drastis hingga 80 persen.
“Awalnya yang beroperasi sekitar 80 unit, kini hanya beroperasi 25 unit,” ungkap Kepala Bagian Administrasi PO Marita, Yusuf Majid Danial kepada cianjurekspres.net, Minggu (29/3/2020).
Bukan hanya penurunan jumlah penumpang, akibat virus Korona, PO Marita terpaksa menutup pelayanan unit bus pariwisata karena banyak pembatalan dari para konsumen.
“Kerugian kami hampir Rp1,6 miliar, itu untuk bulan Maret ini saja, belum Februari,” kata Yusuf.
Saat ini jelas Yusuf, pihaknya hanya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa melayani masyarakat yang ingin bepergian dan berusaha tidak menghentikan operasional unit sampai ada pemberitahuan pelarangan dari pemerintah.
“Kalau untuk penumpang dari Cianjur ke arah Jakarta saat ini sepi, dan untuk penumpang dari Jakarta arah Cianjur sudah tiga hari ini melonjak di angka rata-rata 20 orang ke atas,” katanya.
Meski masih mengoperasikan sejumlah bus, Yusuf menegaskan tidak bisa untuk menutupi biaya operasional. “Sementara (Pengemudi) kami roling dari satu ke yang lainnya untuk bergantian sampai ada pemberitahuan dan perkembangan berikutnya. Karena tidak memungkinkan untuk beroperasi dengan unit yang banyak,” tuturnya.
Urusan keamanan awak bus agar tidak tertular virus Korona juga menjadi perhatian serius PO Marita.
“Semua unit kami sebelum berangkat dan sesudah pulang dari perjalanan selalu kami semprotkan cairan disinfektan. Dan bagi para personil kami sediakan hand sanitizer juga sabun dan masker agar meminimalisir penularan,” paparnya.
Yusuf berharap, wabah virus Korona cepat berlalu dan keadaan semakin membaik agar perekonomian perlahan stabil kembali.(Herry Febriyanto)

0 Komentar